Olimpiade Tokyo 2020: Mau Tanding, eh Venue Disatroni Beruang!

Kris Fathoni W - Sport
Kamis, 22 Jul 2021 12:10 WIB
This picture shows a brown bear that is on the loose in Sapporo, Hokkaido prefecture on June 18, 2021. - A brown bear was on the loose in the northern Japanese city of Sapporo, with the government warning residents to stay home after the animal injured four people including a soldier. (Photo by STR / JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT
Ilustrasi penampakan beruang lain yang sempat berkeliaran di Sapporo, Hokkaido pada bulan Juni lalu. (Foto: AFP/STR)
Jakarta -

Seekor beruang terlihat berkeliaran di sebuah venue Olimpiade Tokyo 2020, beberapa jam sebelum venue itu dipakai untuk menggelar pertandingan sebuah cabang olahraga!

Olmpiade 2020, yang tetap mengusung nama tersebut walaupun baru akan digelar tahun ini lantaran terimbas pandemi, resminya baru akan dibuka pada hari Jumat (23/7) besok. Tapi sejumlah cabang sudah mulai bertanding.

Salah satu cabang yang sudah mulai bertanding itu adalah softball, dengan pertandingan pertamanya telah dilangsungkan pada hari Rabu (21/7) kemarin.

Di Olimpiade Tokyo 2020, cabang softball tercatat memakai dua venue yakni Yokohama Stadium dan Fukushima Azuma Baseball Stadium. Nah, venue yang disebut terakhir itulah yang diusik dengan kehadiran seekor beruang.

Menurut keterangan juru bicara kepolisian Fukushima kepada AFP, seorang petugas keamanan setempat melihat beruang itu berkeliaran di Azuma Sports Park pada hari Selasa (20/7). Keesokan harinya beruang itu kembali menyatroni venue tersebut, beberapa jam sebelum sebelum pertandingan softball antara Jepang dan Australia.

"Kami tidak bisa menemukan atau menangkap beruang itu. Dan walaupun pertandingan di stadion digelar tanpa penonton, kami tetap waspada dan terus mencari beruang tersebut di sekitar lokasi," kata juru bicara kepolisian tersebut.

Menurut laporan media setempat, pihak panitia Olimpiade Tokyo 2020 2020 juga sudah berusaha melakukan sejumlah cara demi bisa menjauhkan beruang itu dari venue. Antara lain dengan memainkan musik keras-keras dan menyalakan petasan.

Terlepas dari penampakan beruang ini, pertandingan softball Jepang vs Australia tetap dimainkan dan berlangsung tanpa halangan. Tuan rumah Jepang tercatat menang 8-1.

FUKUSHIMA, JAPAN - JULY 21: A general view of Team Australia and Team Japan standing in the infield for pregame ceremonies before to their game during the Tokyo 2020 Olympic Games at Fukushima Azuma Baseball Stadium on July 21, 2021 in Fukushima, Japan. (Photo by Yuichi Masuda/Getty Images)Tim Australia dan Tim Team di Venue Fukushima Azuma Baseball Stadium. Foto: Getty Images/Yuichi Masuda

Pada tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang merilis data yang memperlihatkan kecenderungan bertambahnya penampakan beruang di Negeri Sakura. Dari April sampai September tahun lalu, tercatat ada 13.600 laporan mengenai penampakan satwa itu. Ini disebut sebagai jumlah tertinggi dalam kurun waktu lima tahun.

Simak video 'Remaja Suriah Jadi Atlet Termuda di Olimpiade Tokyo 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)