ADVERTISEMENT

X-UNS Basketball: Berpisah di Kampus, Bersatu di Lapangan

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 01 Agu 2022 22:41 WIB
X-UNS Basketball Community
X-UNS Basketball Community, disatukan di lapangan basket (Resha Pratama/detikSport-dok. X-UNS)
Jakarta -

Ada banyak cara memelihara pertemanan, salah satunya lewat hobi berolahraga. Itulah yang dilakukan oleh komunitas bola basket eks Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Solo.

Saat masih mengenyam pendidikan di tingkat universitas, mahasiswa biasanya punya banyak kegiatan di luar akademis yang disalurkan lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Ada banyak kegiatan dilakukan, meski yang paling sering adalah olahraga, fotografi, dan pecinta alam.

Itulah yang juga dilakukan oleh para alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, yang membentuk komunitas basket bernama X-UNS Basketball Community yang berada di bawah naungan Ikatan Alumni UNS. Seperti layaknya komunitas olahraga, mereka menjadikan basket sebagai olahraga utamanya.

Sebenarnya masih banyak kegiatan olahraga lain yang dilakukan oleh para alumni UNS seperti sepakbola, golf, dan bulutangkis. Namun, X-UNS Basketball jadi salah satu yang paling aktif.

Komunitas ini pun diisi oleh para alumni dari jurusan dan angkatan berbeda, mulai dari angkatan 1993 hingga paling muda 2015. Meskipun jarak usianya terpantau jauh, namun bola basket menyatukan mereka semua.

Apalagi komunitas ini sudah didirikan sejak 2009, namun baru aktif berkumpul di tahun 2012 hingga saat ini. Jumlah anggotanya pun terbilang banyak, hingga lebih dari 100 orang. Tidak hanya untuk pria, X-UNS juga menyediakan wadah untuk kaum hawa yang siap mendribel bola di lapangan.

X-UNS Basketball CommunityX-UNS Basketball Community Foto: Resha Pratama/detikSport-dok. X-UNS

"Namanya komunitas pasti ada ya perbedaan pendapat dan sebagainya. Namun kita disatukan dari hobi yang sama, perbedaan pendapat tidak jadi masalah berarti, selama kita bisa saling menghormati dan itu kita terapkan di sini. Apalagi kami punya moto, berpisah di kampus dan di lapangan kembali bersama," ujar Humas X-UNS Basketball Rahma Dita atau akrab disapa Rara dalam perbincangan dengan detikSport d GOR Ramawangun, Minggu (31/7/2022) sore WIB.

Perbedaaan usia di antara para anggota memang terkadang jadi dinding pemisah. Tapi ketika berada di lapangan, semua kompak karena demi memberikan yang terbaik untuk tim X-UNS. Sesuai dengan slogannya "Berpisah di Kampus, di Lapangan Kembali Bersama."

"Saat di lapangan itu kompak. Jiwa muda mereka seperti terbangun, solidaritas di lapangan saat bertanding itu tinggi, seakan sempat adanya perbedaan itu hilang semua," sambung Rara yang merupakan lulusan Fakultas Teknik Angkatan 2000

Seperti kebanyakan komunitas olahraga pada umumnya, X-UNS Basketball ini juga punya jadwal latihan rutin setiap hari Sabtu di Brickz House, Kalibata, mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Rutinitas ini disebut makin memperkuat persaudaraan di antara para anggotanya.

Tak cuma latihan rutin, X-UNS ini juga punya pelatih agar mereka lebih siap menghadapi turnamen-turnamen yang diikuti. Termasuk Turnamen Bola Basket HUT RI ke-77 se-Jakarta, Jabar, dan Banten yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Timur.

X-UNS menurunkan tim yang berisikan para alumni yang berusia rentang 40 sampai 47 tahun, dengan format waktu delapan menit per kuarter. Selain itu ada juga untuk level usia 18 tahun, 48 tahun ke atas, SMA, Amatir, dan eks pemain KOBATAMA, NBL, IBL, serta nasional.

X-UNS Basketball CommunityX-UNS Basketball Community Foto: Resha Pratama/detikSport-dok. X-UNS
X-UNS Basketball CommunityX-UNS Basketball Community Foto: Resha Pratama/detikSport-dok. X-UNS
X-UNS Basketball CommunityX-UNS Basketball Community Foto: Resha Pratama/detikSport-dok. X-UNS

X-UNS bertarung bersama 15 tim lainnya yang dibagi dalam empat grup, satu grup diisi empat tim. X-UNS bergabung bersama Alumni Universitas Indonesia (ILUNI), Almamater Scorpio & Colleagues (ASC), serta Nusantara Basketball Community (NBC).

Memang ada uang hadiah yang diperebutkan di turnamen yang berlangsung 30 Juli hingga 21 Agustus tersebut. Tapi, target utama X-UNS adalah mencoba tampil sebaik mungkin di lapangan sambil mempererat lagi persaudaraan di antara para anggota.

Apalagi pandemi COVID-19 sempat membuat kegiatan basket mereka terganggu sejak 2020, sehingga jadi jarang berkumpul. Pada pertandingan perdana kemarin, X-UNS mendapat hasil kurang bagus saat ditekuk 18-36 oleh ILUNI UI.

Selanjutnya X-UNS akan bertemu Nusantara Basketball Community (NBC), Selasa (2/8/2022) dan ASC Rabu (3/8). Diharapkan para pemain bisa tampil lebih baik demi mempersembahkan kemenangan agar bisa lolos dari fase grup.

X-UNS Basketball CommunityX-UNS Basketball Community Foto: Resha Pratama/detikSport-dok. X-UNS

"Peningkatan fisik terutama pada pemain di posisi penyerang. Pola bertahan dengan mengandalkan defensive rebound akan lebih diperbanyak, sekaligus fast break (serangan balik), juga tembakan tiga angka. Semoga kami bisa bermain lebih baik," papar manajer X-UNS Basketball Community Fitra Majid.

Semoga sukses ya.

Simak juga Video: Prancis Kalahkan Tim Basket Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT