Bimo Pradikto, Dari Lintasan Reli ke Trek Tamiya

ADVERTISEMENT

Bimo Pradikto, Dari Lintasan Reli ke Trek Tamiya

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 01 Nov 2022 00:50 WIB
Kejuaraan Nasional Mini 4WD 2022
Banteng Motorsport dari Lintasan Reli ke Trek Tamiya (dok.Banteng Motorsport)
Tangerang Selatan -

Bimo Pradikto selama ini dikenal sebagai pereli Banteng Motorsport Indonesia. Tapi, dia juga menjajal kemampuannya mengendalikan "mobil" di trek Tamiya.

Pandemi Covid-19 dua tahun lalu membuat banyak kegiatan olahraga terhenti, termasuk reli. Alhasil, Bimo bersama timnya cuma berlatih di hanggar sepanjang 2020 hingga 2021.

Bosan berlatih, Bimo dkk. lantas mencoba membuat Kejuaraan Mini 4WD atau akrab disebut Tamiya. Kejuaraan pertama yang dibuat bersama komunitas pecinta Tamiya bertepatan saat perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia tahun lalu.

"Pada tahun 2020 kita hanya bisa balapan terbatas dari Hanggar, sampai akhirnya pandemi mulai terkendali dan boleh beraktivitas, nah ikut deh kami Tim Banteng di Cengrace Side Damper Dolphin Tamiya dan beberapa balapan-balapan tamiya lainnya walaupun masih terbatas, sampai akhirnya saya memutuskan untuk ikut menggelar kejuaraan juga, bertepatan pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021," ujar Bimo dalam rilis kepada detikSport.

"Saat awal-awal pandemi kita banyak di rumah, karena tidak ada balapan reli, sprint reli ataupun offroad yang pasti saya ikuti tiap musim balap, akhirnya saya menemukan hobi baru di rumah yaitu merakit dan memodifikasi tamiya, sampai di Hanggar Banteng Motorsport saya bikin track dan ajak kakak saya wibi untuk ikut mainan sampai rutin kami gelar di hanggar balapan berempat sampai berenam terbatas dengan teman-teman dekat saja."

Tidak sulit untuk Bimo mencintai balapan mini 4WD ini karena dia sejak kecil pun hobi bermain Tamiya. Oleh karenanya, Bimo memanfaatkan jabatannya sebagai Direktur Motorsport Games Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk membuat balapan tamiya ini lebih serius.

Pada September tahun lalu, IMI meresmikan Komisi Mini 4WD yang berada di bawah naungan Motorsport Games. Setelah itu, Banteng Motorsport juga menggelar Kejuaraan yaitu Toyota Gazoo Racing Mini 4WD (Wheel Drive) Championship 2021 di Bengkel Space SCBD.

"Alhamdulillah Pak Bamsoet sebagai Ketua Umum IMI meresmikan Komisi Mini 4WD sebagai wadah yang menaungi para pecinta mainan 4WD, ini jadi angin segar bagi kami pencinta tamiya. Semoga industri Mini 4WD akan semakin maju di Indonesia, maka dari itu saya mengajak semua komunitas untuk semakin sering menggelar kejuaraan-kejuaraan balap Mini 4WD agar semakin populer di semua kalangan. Tahun kemarin target saya dapat menggelar Kejuaraan ini sensasional tahun 2022, Alhamdulillah terealisasi sampai empat putaran," Bimo melanjutkan.

Ya, Bimo bersama IMI baru saja menuntaskan empat seri Kejuaraan Nasional Mini 4WD 2022 yang dimulai sejak Maret lalu berakhir di Q-Big, BSD City, 28-30 Oktober 2022. Harapan Bimo adalah kejurnas Mini 4WD ini bisa masuk ke PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

"Kejurnas Mini 4WD akhirnya dapat kami gelar secara resmi di bawah Ikatan Motor Indonesia 4 Putaran dengan sistem perlombaan IMI Side Damper Class Regulation 2022, mengadopsi Side Damper Official dan Tamiya Mini 4WD Jepang, Alhamdulillah semuanya sukses dan harapan saya dengan teman-teman pencinta Mini 4 WD ini semoga industri ini semakin ramai dan maju, semakin luas bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya tapi sampai ke kota/kabupaten lainnya di Indonesia semuanya ikutan hobi Mini 4WD, event atau Kejuaraan Mini 4WD semakin banyak yang dukung, baik pemerintah, brand-brand ataupun komunitas."

"Selain itu target kita selanjutnya Mini 4WD dipertandingkan atau menjadi cabor eksebisi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara dengan begitu semakin banyak orang tahu dan berpartisipasi," kata Bimo Pradikto yang tampil di Asia Pasific Rally Championship September lalu.

Hasil Kejuaraan Nasional Mini 4WD Putaran Akhir 2022

Juara: Dolphin
Runner-up: Dolphin
Peringkat 3: Kram Otak Mini 4WD
Peringkat 4: Ocess
Peringkat 5: Banteng Mini 4WD
Peringkat 6: Hustler
Peringkat 7: Dolphin
Peringkat 8: Dolphin
Peringkat 9: Ultraman

BTO 1: Ultraman
BTO 2: Ultraman
BTO 3 : Ocess
Best Race: Ultraman

Lihat juga Video: Cara Beda Main Tamiya: di Jalanan dan Pakai Tongkat!

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT