DetikSport
Jumat 19 Mei 2017, 15:03 WIB

Jelang MotoGP Prancis

Rossi, Hayden, dan Titel Juara Dunia

Randy Prasatya - detikSport
Rossi, Hayden, dan Titel Juara Dunia Valentino Rossi dan Nicky Hayden tahun 2014 lalu (Foto: AFP PHOTO / AL-WATAN DOHA / KARIM JAAFAR)
FOKUS BERITA: RIP Nicky Hayden
Jakarta - Dalam usaha menambah koleksi juara dunia, juga menilik situasi saat ini, Valentino Rossi bisa "meniru" kiprah Nicky Hayden menjadi kampiun pada tahun 2006.

Perjalanan Rossi di MotoGP musim 2017 ini punya kesamaan dengan Hayden di tahun 2006, setelah The Doctor menjadi pemuncak klasemen setelah empat seri awal (62 poin) kendatipun belum pernah memenangi satu seri balapan pun sejauh ini.

Jumlah 62 poin yang dikumpulkan Rossi ini menjadi yang terkecil selaku pemuncak klasemen setelah empat balapan awal, semenjak sistem poin yang berlaku saat ini diperkenalkan pada 1993.

[Baca juga: Statistik MotoGP Prancis]

Selain itu, Rossi juga menjadi rider pertama yang memimpin klasemen setelah empat seri tanpa memenangi satu balapan pun, semenjak Nicky Hayden melakukannya pada 2006 -- saat itu dengan 72 poin dari empat seri awal.

Seperti diketahui dari perjalanan musim tersebut, Hayden pada akhirnya keluar sebagai juara dunia MotoGP 2006 setelah bersaing dengan Rossi. Padahal saat itu Hayden cuma bisa memenangi dua seri balapan: GP Belanda dan GP Amerika! Sedangkan Rossi, yang di tahun 2006 harus puas mengakhiri musim di posisi dua klasemen akhir, justru bisa lima kali meraih podium tertinggi.

Menjelang seri balapan kelima musim ini di akhir pekan, MotoGP Prancis di Le Mans, Rossi bisa mencari inspirasi dari pencapaian Hayden di tahun 2006; bahwa gelar juara dunia tetap bisa diraih walaupun tanpa kemenangan setelah empat seri. Kuncinya tentu adalah konsistensi meraih poin dan podium dalam perjalanan musim.

Hayden sendiri saat ini sedang kritis di rumah sakit setelah mengalami kecelakaan di Italia, akibat ditabrak mobil ketika sedang bersepeda dengan teman-temannya. Kondisi Hayden itu sudah dikomentari Rossi, yang mengaku sangat sedih dengan situasi mantan rekan setimnya di Repsol Honda (2003) dan Ducati (2011, 2012) itu.

[Baca juga: Rossi Sedih Dengar Kabar soal Hayden]

Bukan tak mungkin pula kondisi Hayden saat ini bakal menambah inspirasi dan motivasi The Doctor untuk tampil habis-habisan di Le Mans, lalu mendedikasikan hasilnya dalam balapan itu buat Kentucky Kid yang saat ini juga sedang menjalani perjuangannya sendiri.



(krs/mrp)
FOKUS BERITA: RIP Nicky Hayden
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed