DetikSport
Minggu 06 Agustus 2017, 22:59 WIB

Ada Salah Pilih Ban di Balik Kemenangan Marquez

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Ada Salah Pilih Ban di Balik Kemenangan Marquez Marc Marquez di atas podium MotoGP Republik Ceko (Michal Cizek/AFP)
FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Brno - Marc Marquez tampil dominan ketika memenangi balapan MotoGP Republik Ceko. Akan tetapi, di balik kemenangannya itu, ada kesalahan pemilihan ban.

Balapan di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), dimulai dalam kondisi lembap. Marquez yang menempati pole position memilih ban belakang basah soft. Di antara delapan pebalap terdepan, cuma Marquez yang memilih ban itu, sementara yang lain memilih ban medium.




Karena memilih ban itu, Marquez langsung mendapatkan masalah begitu lomba dimulai. Dia tercecer di posisi kesepuluh pada akhir lap kedua. Pebalap Repsol Honda itu pun kemudian masuk ke pit untuk mengganti motor. Motor kedua Marquez tersebut dipasangi ban slick.

Begitu masuk ke lintasan lagi, Marquez jadi lebih kencang dan perlahan-lahan memperbaiki posisinya. Ketika para pebalap di depannya masuk ke pit, Marquez melaju sendirian dan memimpin dengan keunggulan sekitar 20 detik.

Marquez pada akhirnya tak terkejar hingga akhir balapan. Dia finis di depan Dani Pedrosa dan Maverick Vinales yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Seusai balapan, Marquez mengakui bahwa keputusan untuk masuk pit lebih awal di luar rencananya. Dia sebenarnya akan masuk setelah empat atau lima putaran.

"Ini sedikit mirip dengan (balapan) flag-to-flag terakhir di Jerman (pada 2016). Ketika itu, saya benar-benar kesulitan dengan ban depan karena saya memilih ban soft, saya kesulitan dan saya masuk pit lebih awal," ujar Marquez yang dikutip Autosport.

"Hari ini sama. Saya memakai ban (belakang) soft. Di antara para pebalap top, cuma saya yang memakainya. Saya ingin mengambil risiko," jelas Marquez.

"Tapi, kemudian ketika saya turun ke trek, saya menyadari itu adalah sebuah kesalahan. Dan ini menciptakan situasi untuk masuk pit sangat dini," katanya.

Keputusan Marquez untuk masuk pit lebih awal itu dipuji oleh bos Honda, Livio Suppo. "Dalam kondisi ini, Marc luar biasa," kata Suppo kepada BT Sport.

"Kami tahu bahwa dalam kondisi ini dia sangat tangguh, jadi dia biasanya membuat pilihan yang tepat," ujarnya.

Dengan tambahan 25 poin ini, Marquez kokoh di puncak klasemen dengan 154 poin selepas 10 balapan berlalu. Dia unggul 14 angka dari Vinales di posisi kedua.



(mfi/nds)

FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed