DetikSport
Rabu 09 Agustus 2017, 13:57 WIB

Crutchlow: Marquez Genius, Sengaja Melambat Kemudian Menang

Doni Wahyudi - detikSport
Crutchlow: Marquez Genius, Sengaja Melambat Kemudian Menang Marc Marquez sengaja melambat di awal MotoGP Brno sebagai bagian dari strateginya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Jakarta - Carl Crutchlow mengamini teori bahwa Marc Marquez sengaja melambat di awal MotoGP Republik Ceko. Strategi itu terbukti brilian karena Marc kemudian jadi juara.

"Jika melihat lagi pada balapan itu, terlihat kalau Marquez sangat lambat di awal, tapi saya tidak tahu apakah dia sengaja melakukannya. Saya tidak akan terkejut jika dia melakukan itu (melambat) dengan sengaja jika melihat betapa cerdiknya dia sejauh ini.

Pernyataan tersebut dilontarkan Valentino Rossi sehari setelah balapan di Sikrjuit Brno. The Doctor mencium kecurigaan kalau Marquez 'mempermainkan' pesaing-pesaingnya saat dia dengan sengaja melambat di awal race.



Strategi Marquez diawali saat dia memilih memakai ban soft basah di bagian belakang, alih-alih medium seperti yang dipakai delapan pebalap terdepan lain. Meski start dari pole, Marquez dengan mudah terlempar ke urutan 10 di akhir lap kedua. Kondisi yang (seakan-akan) memaksa dia segera masuk pit mengganti motor.

Kini kecurigaan Rossi tersebut diamini oleh Carl Crutchlow. Dia menyebut kalau apa yang terjadi di Brno merupakan bagian dari strategi besar Marquez bersama timnya.

"Kita sudah lihat satu orang ini, yang genius dan lebih cerdik dibanding yang lain: dia membiarkan pebalap lain mendahuluinya. Dia membiarkan saya melewatinya dan mengangguk ke arah saya supaya saya melewatinya. Lalu saya dengan sengaja melebar di tikungan selanjutnya dan dia tidak juga menyalip saya. Jadi saya tahu persis apa yang dia lakukan," ucap Crutchlow dikutip dari Crash.

"Dia lebih cerdik dibanding yang lainnya dan dia membiarkan semua orang berada di depan sehingga tidak ada yang melihat dia masuk pit. Dia kemudian memenangi balapan," lanjut Crutchlow.

Ada beberapa teori soal strategi Marquez di Brno. Salah satunya adalah dia sengaja memilih ban yang salah supaya bisa masuk pit lebih cepat sehingga terhindar dari keramaian di pit jika masuk berbarengan dengan pebalap lain. Marquez melakukan itu juga supaya strateginya tidak diikuti rider lain.

Marquez dikenal sangat lihai pada balapan flag to flag, dengan dia kini berhasil memenangi balapan dengan tipe seperti itu.
(din/krs)

FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed