DetikSport
Senin 18 September 2017, 18:25 WIB

Fan Club Rossi Kecam Cemoohan terhadap Marquez di Misano

Kris Fathoni W - detikSport
Fan Club Rossi Kecam Cemoohan terhadap Marquez di Misano Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Misano - Kelompok penggemar Valentino Rossi mengecam cemoohan tak sportif kepada Marc Marquez di Misano lalu. Marquez ditegaskan justru harus dapat aplaus.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Flavio Fratesi, wakil presiden Fan Club Resmi Valentino Rossi, mengomentari cemoohan terhadap Marquez di MotoGP San Marino.

Saat itu Marquez bukan cuma mendapatkan cemoohan saat naik podium teratas di Misano. Saat rider Repsol Honda itu terjatuh dalam sesi pemanasan sebelum balapan pun ada penonton yang malah kegirangan.


MotoGP San Marino sendiri merupakan balapan kandang dari Rossi, yang absen dalam balapan tersebut akibat cedera. Cemoohan terhadap Marquez dalam balapan teranyar di Misano ini terkait kejadian yang melibatkannya dengan Rossi pada musim 2015.

Fratesi menyayangkan adanya suporter, ia menyebutnya segelintir saja, yang gagal beranjak dari kejadian dua musim lalu tersebut. Cemoohan pun ia tegaskan sudah mencederai semangat sportivitas dalam olahraga tersebut.

"Ada 20 ribu dari kami, kelompok penggemar Rossi, di grandstand. Sudah seperti stadion sepakbola. Di antara orang-orang ini, ada segelintir yang tak punya semangat keolahragaan. Mereka minoritas, tapi kami tak bisa mengendalikan semuanya. Mustahil," ucap Fratesi kepada Marca dan dikutip Crash.net.


"Saya ingin kembali mengingatkan mereka bahwa kita harus menghormati semua orang, seluruh rider sama pentingnya. Orang-orang ini (suporter yang mengejek Marquez) bukan cuma tak pantas masuk kelompok suporter, melainkan juga tak layak dianggap sebagai penggemar olahraga balap otomotif. Semua rider penting. Dan mereka semua harus dapat aplaus. Kami sangat menyesal dengan apa yang terjadi di Misano. Hal semacam itu harusnya tak pernah terjadi."

"Hal semacam itu tidak semata terjadi di Italia, ini juga terjadi di Spanyol ketika Marquez juga dicemooh. Tidaklah baik mendengar siulan (cemooh) di akhir balapan. Saya sendiri memberi aplaus buat Marquez, yang tak layak dapat cemoohan," tuturnya.



(krs/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed