DetikSport
Rabu 20 September 2017, 14:13 WIB

Statistik MotoGP Aragon

Kris Fathoni W - detikSport
Statistik MotoGP Aragon MotoGP Aragon 2016 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Seri MotoGP Aragon hadir di akhir pekan, dengan MotoGP 2017 mulai memasuki lima seri terakhirnya. Berikut sejumlah statistik untuk balapan itu.

MotoGP Aragon menjadi seri ke-14 musim ini, dari total 18 balapan. Artinya, MotoGP 2017 sekaligus memasuki lima seri balapan terakhir musim ini.

Berikut statistik MotoGP Aragon, seperti dirangkum MotoGP.com:

- Aragon pertama menghelat grand prix pada 2010, ketika menjadi sirkuit berbeda keenam yang digunakan dalam balapan grand prix di Spanyol. Sirkuit lain adalah Jerez, Catalunya, Jarama, Montjuich, dan Valencia.

- Casey Stoner memenangi MotoGP Aragon pertama pada 2010 di atas motor Ducati. Itu satu-satunya kemenangan Ducati di sirkuit ini.

- Honda adalah pabrikan tersukses di sirkuit Aragon dengan empat kemenangan MotoGP dan lewat tiga rider berbeda: Casey Stoner pada 2011, Dani Pedrosa di 2012, dan Marc Marquez di 2013 dan 2016.

- Jorge Lorenzo sudah mempersembahkan dua kemenangan buat Yamaha di Aragon, pada 2014 dan 2015.

- Para rider Spanyol sarat kesuksesan di tiga kelas grand prix di Aragon, memenangi 15 dari 21 seri balapan di sana. Rider non-Spanyol yang pernah menang di sirkuit itu hanyalah Casey Stoner (MotoGP di 2010 & 2011), Andrea Iannone (Moto2 di 2010), Romano Fenati (Moto3 di 2014), Miguel Oliveira (Moto3 di 2015), Sam Lowes (Moto2 tahun lalu).

- Marc Marquez sudah meraih pole dalam seluruh empat kesempatan ia tampil di kelas MotoGP sirkuit Aragon.

- Selain kemenangan Casey Stoner pada 2010, finis podium lain untuk rider Ducati di Aragon adalah posisi ketiga buat Nicky Hayden pada 2010 dan ketiga untuk Cal Crutchlow di 2014.

- Hasil terbaik buat Suzuki di Aragon adalah posisi keempat yang dicapai Maverick Viñales tahun lalu.

- Aragon adalah satu dari lima sirkuit di kalendar saat ini yang rute balapannya berlawanan arah jarum jam, bersama Austin, Sachsenring, Phillip Island, dan Valencia.

- Aragon adalah satu dari tiga sirkuit di kalendar saat ini, yang belum pernah dimenangi Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di kelas MotoGP, selain Austin dan the Red Bull Ring.

- Tiga rider yang naik podium MotoGP Aragon tahun lalu (Marquez, Lorenzo, Rossi) sudah mencatatkan total 232 kemenangan grand prix di seluruh kelas.

- Michael van der Mark dijadwalkan untuk menggantikan Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha untuk MotoGP Aragon. Saat itu terjadi maka baru kali ini lagi ada rider Belanda yang tampil di kelas motoGP semenjak Jurgen van den Goorbergh di grand prix China dan Prancis pada 2005 sebagai pengganti Makoto Tamada di tim Konica Minolta Honda.




(krs/cas)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed