DetikSport
Senin 25 September 2017, 08:27 WIB

Rossi di Aragon: Sempat Diragukan Balapan, Malah Finis Kelima

Yanu Arifin - detikSport
Rossi di Aragon: Sempat Diragukan Balapan, Malah Finis Kelima Valentino Rossi finis kelima di MotoGP Aragon meski masih cedera patah kaki (Dan Istitene/Getty Images)
FOKUS BERITA: Marquez Menang di Aragon
Alcaniz - Valentino Rossi sempat diragukan tampil di MotoGP Aragon akibat patah kakinya. Tapi, The Doctor malah tetap membalap dan bisa finis kelima.

Rossi tertimpa musibah saat berlatih motocross akhir bulan lalu. Ia mengalami patah kaki yang membuatnya harus menjalani operasi dan diperkirakan absen sekitar sebulan lebih itu. Cedera itu membuatnya diprediksi bakal absen di seri San Marino dan Aragon.





Pebalap 38 tahun itu diprediksi paling cepat bisa mengaspal pada balapan Motegi pertengahan bulan depan. Namun pemulihan Rossi berjalan cepat.

Cuma 22 hari usai kecelakaannya itu, ia dinyatakan fit dan bisa kembali menunggangi Yamaha YZR-M1 untuk berlaga di Aragon akhir pekan ini.

Kejutan langsung diperlihatkan Rossi, yang notabene belum fit seratus persen. Meski sempat kesulitan di sesi latihan bebas, Rossi malah menempati peringkat tiga di kualifikasi.

Saat balapan sesungguhnya berlangsung di Sirkuit Aragon, Minggu (24/9/2017), Rossi kembali tampil apik. Bisa memberikan perlawanan di awal, ia lantas mengakhirinya dengan finis di posisi lima. Catatan waktunya terpaut 5,882 detik dari Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang.

Bukan pencapaian yang buruk untuk Rossi yang bahkan datang ke sirkuit masih menggunakan kruk dan kaki kanannya digips.

"Saya sangat bangga dan senang sebab minggu lalu saya tidak tahu apakah bisa ikut balapan. Tapi kami bekerja dengan baik, membuat pilihan yang tepat. Mungkin berisiko, tapi saya mencoba tidak melewatkan balapan yang lain sebab semakin banyak balapan yang dilewatkan, semakin butuh waktu lama untuk kembali ke performa terbaik Anda," tutur Rossi seperti dikutip Crash.

"Itu akhir pekan yang menyenangkan karena saya merasa klik dengan motor- meski tidak dalam kondisi 100 persen, karena masih terasa sakit. Namun, saya bisa mengendarai motor dengan baik. Memulai dari barisan depan kemarin sudah bagus. Saya sangat senang, saya tahu akan lebih sulit pada balapan hari ini," sambungnya.

"Tapi, bagaimanapun, ini adalah balapan yang hebat. Saya melakukan awal yang baik dan di lap pertama saya cukup tangguh. Saya bisa bersaing dengan Lorenzo dan Marquez untuk menang. Di paruh kedua balapan saya tahu bakal kesulitan. Saya lebih lelah dari biasanya dan saya merasa sedikit kesakitan."

"Selain itu, kami sedikit kesulitan dengan ban belakang yang mulai terkikis. Bagaimanapun balapannya sangat bagus dan saya tidak mengira bisa finis lima besar, saya bahkan tak berpikir bisa meraihnya. Sangat bagus," tutupnya.

Hasil ini membuat Rossi masih bercokol di peringkat lima dengan poin 168, selisih 56 poin dari Marquez di puncak. Selanjutnya seri MotoGP akan digelar di Motegi, Jepang 15 Oktober.



(mrp/nds)

FOKUS BERITA: Marquez Menang di Aragon
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed