DetikSport
Minggu 22 Oktober 2017, 13:57 WIB

Kemenangan di Phillip Island Antarkan Joan Mir Jadi Juara Dunia Moto3

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kemenangan di Phillip Island Antarkan Joan Mir Jadi Juara Dunia Moto3 Joan Mir merayakan kesuksesannya menjadi juara dunia Moto3 (Robert Cianflone/Getty Images)
Phillip Island - Kompetisi Moto3 2017 telah menghasilkan juara dunia meski masih ada dua seri tersisa. Pebalap Spanyol Joan Mir muncul sebagai kampiun usai memenangi balapan di Australia.

Mir finis terdepan dalam balapan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017). Pebalap berusia 20 tahun itu mengungguli Livio Loi dan Jorge Martin yang masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga.

Kemenangan ini memastikan Mir menjadi juara dunia Moto3 musim ini. Pebalap yang membela tim Leopard Racing itu sejauh ini telah mengumpulkan 296 poin, unggul 70 poin atas Romano Fenati (Italia) yang menjadi pesaing terdekat. Dengan dua seri tersisa, Mir aman di puncak klasemen hingga akhir musim.

Sebelum terjun ke Moto3, Mir lebih dulu berkompetisi Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013 dan 2014. Dia kemudian beralih ke FIM CEV Moto3 Junior World Championship pada 2015.

Mir membalap secara penuh di Moto3 mulai musim 2016. Pada musim debutnya di Moto3, Mir sekali menang dan menuntaskan kompetisi di peringkat kelima klasemen akhir.

Pada musim ini, tim Leopard Racing meninggalkan mesin KTM dan memakai mesin Honda. Peralihan mesin itu membantu Mir tampil dominan dengan memenangi sembilan seri pada musim ini.




(mfi/krs)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed