DetikSport
Jumat 10 November 2017, 20:22 WIB

Jelang MotoGP Valencia

Memperhitungkan Pedrosa dan Lorenzo dalam Duel Marquez vs Dovizioso

Doni Wahyudi - detikSport
Memperhitungkan Pedrosa dan Lorenzo dalam Duel Marquez vs Dovizioso Bagaimana peran Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo dalam penentuan juara dunia MotoGP 2017? (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Berkaca pada race di Malaysia, pertarungan juara dunia bukan hanya melibatkan Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo bisa jadi ikut berperan.

Di Sirkuit Sepang, dua pekan lalu, Lorenzo gagal mempertahankan posisi terdepan yang dia punya sampai menyentuh garis finis. Dia membuat kesalahan di tikungan terakhir ketika balapan tinggal menyisakan lima lap lagi.

Kesalahan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Dovi untuk merebut posisi terdepan dan akhirnya jadi juara. Kemenangan di Malaysia membuat Dovi bisa memperpanjang napas dalam pertarungan menjadi juara dunia.



Ada banyak spekulasi soal kesalahan yang dilakukan Lorenzo ketika itu. Kubu Ducati mengaku kalau mereka memang sudah mengirim pesan pada Lorenzo untuk memberikan posisi terdepan pada Dovi. Lorenzo sendiri mengaku tak pernah melihat pesan tersebut.

"Saya sudah tahu, saya tidak butuh siapapun memberi informasi apa yang harus saya lakukan dalam situasi seperti ini," tegas Lorenzo usai balapan, yang mengindikasikan kalau dia memang sudah berniat memberikan posisi terdepan pada Dovi.

Apa yang terjadi di Sepang akan membawa pengaruh ke Valencia di akhir pekan ini. Sebabnya, Lorenzo adalah pebalap dengan performa terbaik di Valencia dalam beberapa tahun terakhir. Catat: Lorenzo tiga kali jadi juara di Valencia dalam empat tahun terakhir.

Di 2015 dia mengunci titel juaranya di sirkuit tersebut, meraih podium teratas setelah start dari pole. Kemenangan yang memastikan Lorenzo mengalahkan Marquez dalam persaingan jadi juara dunia.

Lorenzo sangat piawai di Valencia, tak perduli hujan atau panas. Performanya yang mantap di sana akan banyak membantu Dovi.



Bagaimana dengan Pedrosa?

Seperti Lorenzo, Pedrosa juga pernah menang di Valencia. Tapi itu sudah lama, tahun 2012. Sementara tahun lalu dia gagal finis karena mengalami crash. Ketika itu Pedrosa juga cuma memulai balapan dari posisi delapan.

Namun Pedrosa dianggap berperan besar dalam 'sukses' Marquez finis keempat di Sepang. Marquez yang tak didukung motor oke bisa dengan tenang menghabiskan lap demi lap di Sepang karena pebalap di belakangnya 'diblok' oleh Pedrosa.



Melihat perbandingan di atas, Lorenzo sepertinya akan punya peran lebih besar dalam kemampuan memberi dukungan pada rekan setimnya. Akankah itu mempengaruhi hasil akhir perebutan titel juara dunia?

Jawabnya bisa disaksikan melalui live streaming MotoGP Valencia di detikSport, Minggu (12/11/2017) malam pukul 20.00 WIB.
(din/mrp)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed