DetikSport
Rabu 15 November 2017, 09:10 WIB

Meski Alami Crash Hebat, Tes Hari Pertama Cukup Positif untuk Rossi

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Meski Alami Crash Hebat, Tes Hari Pertama Cukup Positif untuk Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Sport
Valencia - Valentino Rossi mengalami crash besar saat hari pertama tes MotoGP Valencia. Dia menyebut tesnya berjalan cukup positif, memulai pengembangan dari sasis 2016.

Motor tunggangan Rossi hancur ketika mengalami crash di awal sesi tes, Selasa (14/11/2017) kemarin. Tapi pebalap Movistar Yamaha itu bisa melanjutkan sesi dan mencatatkan waktu tercepat keempat di belakang Maverick Vinales, Johann Zarco, dan Marc Marquez.

Rossi memulai program pengembangan motor 2018 dengan menjajal lagi sasis tahun lalu. Meski cukup nyaman ketimbang menggunakan sasis tahun ini, namun pebalap 38 tahun menyebut belum cukup bagus karena masih perlu mengatasi problem degradasi ban belakang yang terlalu besar.

"Harinya tak terlalu buruk karena kami punya lebih banyak waktu untuk bekerja dengan sasis 2016 dan saya merasa nyaman. Saya merasa tangguh. Harinya berjalan positif karena saya punya laju bagus dan juga dengan ban baru, saya bisa membuat waktu putaran yang bagus," katanya dikutip Crash.

"Saya di posisi empat, tidak terlalu jauh dari pebalap teratas. Juga perasaan di atas motor cukup positif. Kami mampu menemukan keseimbangan yang tepat. Tapi masalahnya adalah, seperti yang kita tahu, kami punya sejumlah problem dengan degradasi ban belakang."

"Jadi sasis 2016 itu tak cukup. Kami perlu bekerja. Tapi saya bisa mengonfirmasi bahwa saya mampu melaju lebih kencang dengan (sasis) motor lama," imbuhnya.

Sementara untuk mesin 2018, Rossi belum bisa terlalu banyak berkomentar karena belum sempat menggali informasi banyak akibat crash. Tapi potensi untuk kecepatannya cukup terlihat.

"Prioritas pertama adalah mesin, yang merupakan prototipe pertama dari mesin 2018. Tapi sayangnya saya melakukan dua putaran dan terjatuh," ungkapnya.

"Semoga mereka mampu membetulkannya, kami bisa menggunakan mesinnya di lain kesempatan besok, dan saya bisa memahaminya. Saya rasa mesinnya bisa sedikit lebih kencang lagi tak tak menolong untuk meringankan degradasi ban belakang," tandas Rossi.
(raw/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed