detiksport
Follow detikSport
Senin, 23 Apr 2018 03:33 WIB

MotoGP Austin

Marquez Lanjutkan Dominasi di Austin

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Marc Marquez meraih enam kemenangan beruntun di MotoGP Austin (Foto: Juan Mabromata/AFP Photo) Marc Marquez meraih enam kemenangan beruntun di MotoGP Austin (Foto: Juan Mabromata/AFP Photo)
Austin - Marc Marquez tak terkalahkan di MotoGP Austin hingga sekarang. Pebalap Repsol Honda itu meraih kemenangan keenamnya secara beruntun di sana.

Marquez memulai balapan di Circuit of the Americas, Senin (23/4/2018) dinihari WIB, dari posisi keempat. Meski menjadi yang terbaik dalam kualifikasi, dia terkena penalti tiga grid lantaran dianggap mengganggu Maverick Vinales.

Tapi, posisi start itu tak jadi persoalan besar bagi Marquez. Pebalap Spanyol itu sudah berada di posisi terdepan sejak lap pertama dan mampu mempertahankannya hingga garis finis. Saking dominannya Marquez, nyaris tak ada perlawanan dari pebalap-pebalap lain.

Bagi Marquez, ini adalah kemenangan keenam secara beruntun yang dia dapatkan di Austin. Sejak Austin menggelar balapan MotoGP pada 2013, Marquez selalu muncul sebagai pemenang balapan.

Posisi kedua dan ketiga masing-masing direbut Vinales dan Andrea Iannone. Sementara itu, Valentino Rossi harus puas finis di posisi keempat.

Kemenangan di Austin membuat Marquez mengoleksi 45 poin, tertinggal satu poin dari Andrea Dovizioso yang memimpin klasemen. Di posisi ketiga ada Vinales yang mengumpulkan 41 poin, disusul Cal Crutchlow (38) dan Johann Zarco (38)


Jalannya Balapan

Iannone memulai balapan dengan sangat baik. Dia merebut posisi terdepan selepas start dan berada di depan Marquez dan Vinales.

Namun, situasi ini tak bertahan lama. Marquez mengambil alih posisi tersebut di tikungan 12.

Setelahnya, Marquez perlahan-lahan menjauh. Di belakangnya ada Iannone, Vinales, Rossi, dan Zarco.

Vinales menyalip Iannone untuk merebut posisi kedua pada putaran ketujuh. Namun, jarak Vinales dengan Marquez sudah terlalu jauh.

Pada putaran berikutnya, pemimpin klasemen Cal Crutchlow terjatuh di tikungan terakhir meski masih bisa bangkit dan meneruskan lomba.

Setelah balapan berjalan setengahnya, Marquez masih memimpin jauh di depan Vinales. Di belakangnya menyusul Iannone, Rossi, Zarco, Dovizioso, dan Pedrosa.

Nyaris tak ada perubahan berarti hingga akhir lomba, selain Marquez yang makin jauh di depan. Vinales juga mulai aman dari kejaran Iannone, sementara Rossi tercecer di posisi keempat.

Marquez akhirnya menjadi pebalap yang paling awal menyentuh garis finis, diikuti Vinales, Iannone, Rossi, Dovizioso, Zarco, Dani Pedrosa, Tito Rabat, Jack Miller, dan Aleix Espargaro.


[Gambas:Video 20detik]





(mfi/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed