detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Jun 2018 11:57 WIB

MotoGP 2018: Waktunya MotoGP Catalunya

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP Catalunya pada tahun 2017 lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Catalunya pada tahun 2017 lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Pekan ini MotoGP 2018 kembali bergulir dengan memasuki seri balapan ketujuh. Sudah waktunya untuk MotoGP Catalunya di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo.

Pada seri sebelumnya, MotoGP Italia di Mugello, sejumlah torehan bersejarah lahir. Jorge Lorenzo meraih kemenangan pertamanya bersama Ducati dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) menjadi rider pertama dengan 5.000 poin kelas primer usai finis ketiga.




Secara kebetulan, Lorenzo dan Rossi pula yang menjadi dua rider teratas dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam MotoGP Catalunya di Barcelona-Catalunya pada kelas primer 500cc/MotoGP.

Sejauh ini Rossi tercatat paling sering naik podium teratas MotoGP Catalunya, tujuh kemenangan, dengan yang terakhir pada 2016 lalu. Sementara itu Lorenzo punya empat kemenangan.

Hasil di Mugello juga membuat Rossi kini terpaut 23 poin saja dari Marc Marquez (Repsol Honda) sebagai pemuncak klasemen sementara MotoGP 2018. Marquez gagal menambah poin di MotoGP Italia lalu.




Marquez pastinya ingin segera bangkit dari ketidakmampuan meraih angka yang kedua kalinya musim ini dengan hasil sebaik mungkin di MotoGP Catalunya. Lalu bagaimana hasil sang juara bertahan dalam balapan di sana sebelumnya?

Sejauh ini Marquez memang baru sekali meraih kemenangan MotoGP di Sirkuit Barcelona-Catalunya. Tapi ia juga rutin naik podium (dua kali runner-up dan sekali finis ketiga), terkecuali ketika jatuh pada tahun 2015.

Maverick Vinales, rekan setim Rossi, juga akan berusaha kembali menambah poin dalam usaha terus terlibat dalam persaingan MotoGP 2018. Rider Spanyol itu kini menempati posisi ketiga klasemen dengan tertinggal lima angka dari The Doctor.

Rider Ducati Andrea Dovizioso juga harus diperhitungkan. Pemenang MotoGP Catalunya 2017 itu telah mengakhiri rentetan dua balapan tanpa angka dengan finis kedua di Mugello dan pasti sangat berambisi untuk bisa naik podium lagi demi memanaskan persaingan.

Selain aksi di lintasan, pekan ini patut pula dinantikan pengumuman khusus dari Dani Pedrosa. Akhir musim ini Pedrosa dipastikan berpisah dengan tim Repsol Honda dan ada kabar ia akan mengumumkan pensiun.





(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed