DetikSport
Senin 30 Juli 2018, 13:45 WIB

MotoGP 2018: Setelah Libur Musim Panas, Siapa Berjaya di Brno?

Kris Fathoni W - detikSport
MotoGP 2018: Setelah Libur Musim Panas, Siapa Berjaya di Brno? Sirkuit Brno dalam gelaran MotoGP Republik Ceko tahun lalu (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Setelah jeda libur musim panas, MotoGP 2018 akan bergulir lagi pada akhir pekan. Ada sirkuit Brno yang menanti untuk dihadapi para rider.

MotoGP Republik Ceko di sirkuit Brno akan menjadi seri balapan pertama setelah jeda libur musim panas. Di MotoGP 2018, itu menjadi seri balapan ke-10.

Dari sembilan balapan sebelumnya di MotoGP 2018, Marc Marquez (Repsol Honda) sukses mengoleksi angka terbanyak yakni 165 poin, yang membuatnya bercokol di puncak klasemen dengan keunggulan 46 poin dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di posisi kedua.




Marquez juga memenangi balapan terakhir sebelum jeda libur musim panas, dalam gelaran MotoGP Jerman. Hasil tersebut membuatnya sudah lima kali naik podium teratas musim ini.

Selain Marquez, di MotoGP 2018 sejauh ini cuma ada Jorge Lorenzo (Ducati) yang bisa meraih kemenangan lebih dari satu kali. Rider yang menempati posisi keenam klasemen itu berjaya di MotoGP Italia dan MotoGP Catalunya secara berurutan.

Andrea Dovizioso (Ducati) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) menjadi rider lain yang sudah pernah berjaya dalam seri balapan MotoGP 2018, masin-masing dengan satu kemenangan. Mereka ada di posisi keempat dan kedelapan papan klasemen secara berurutan.

Maka menarik untuk dicatat bahwa keberadaan Rossi dan rekan setimnya, Maverick Vinales, pada posisi kedua dan ketiga papan klasemen sementara MotoGP 2018 sebenarnya terjadi tanpa mereka memenangi satu balapan pun musim ini.




Jika ditotal, Yamaha bahkan sudah melewati 19 balapan MotoGP secara berturut-turut tanpa diwakili oleh satu pun pebalapnya di podium teratas. Rossi menjadi rider Yamaha terakhir yang bisa berjaya ketika memenangi MotoGP Belanda 2017.

Di Brno, Rossi juga tercatat sebagai rider terakhir yang mampu memenangi MotoGP Republik Ceko secara berturut-turut, yakni pada 2008 dan 2009. Sejak itu belum pernah ada lagi rider lain yang mampu melakukannya.

Dalam 10 musim terakhir balapan MotoGP di Brno, Yamaha dan Honda juga tercatat bersaing menguasai podium teratas; rider Yamaha dengan empat kemenangan, pebalap Honda punya enam kemenangan (termasuk dua musim terakhir lewat Marc Marquez dan Cal Crutchlow).


(krs/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed