DetikSport
Selasa 07 Agustus 2018, 07:55 WIB

Rossi Masih Harus Bersabar

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Rossi Masih Harus Bersabar Valentino Rossi belum sekali pun menang di MotoGP musim ini (Foto: Fabrizio Bensch/Reuters)
Brno - Valentino Rossi masih harus bersabar menunggu perbaikan yang ia inginkan pada motornya. Untuk MotoGP Austria, situasi pebalap Movistar Yamaha itu masih sama.

Rossi tadinya menantikan pembaruan perangkat elektronik pada motor M1 tunggangannya dalam tes resmi MotoGP di Sirkuit Brno. Di mata Rossi, pembaruan tersebut akan penting untuk memperbaiki akselerasi motornya, yang menurutnya masih kalah dari Ducati dan Honda.

Yamaha sepakat dengan Rossi. Akan tetapi, bos Yamaha Lin Jarvis menambahkan bahwa persoalannya lebih kompleks. "Itu adalah perangkat elektronik yang terintegrasi dengan desain sasis," kata Jarvis.


Alhasil, dalam tes MotoGP di Brno, Senin (6/8/2018), Rossi belum mendapatkan kemajuan signifikan. Pebalap Italia itu mengetes berbagai hal dalam 51 putaran. Ia menempati posisi ketujuh dengan catatan waktu yang lebih lambat 0,709 detik di belakang pebalap tercepat Marc Marquez.

"Ini adalah tes yang bagus karena kondisinya sangat panas, sangat mirip dengan saat balapan. Kami banyak bekerja pada perangkat elektronik untuk akselerasi, untuk sentuhan pertama gas, dan juga berusaha menjaga ban untuk jarak balapan," jelas Rossi seusai tes.

"Kami punya hal kecil untuk akselerasi. Kami juga menemukan sesuatu yang cukup positif, tapi sayangnya, itu tak akan siap untuk Austria karena kami harus menyatukan semuanya," tambahnya.

"Pada akhirnya, kalau saya harus balapan sekarang, saya akan balapan dengan motor yang kemarin. Karena kami tak bisa meningkat. Ini pekerjaan yang sulit karena itu amat kecil dan presisi. Jadi, kami mungkin butuh waktu lebih banyak. Jadi, saya pikir untuk Austria situasinya akan sama," kata Rossi seperti dikutip Crash.net.


Rossi dan Yamaha sudah lama puasa kemenangan di MotoGP sejak Rossi finis terdepan di Assen pada tahun lalu. Yamaha tak pernah menang dalam 20 balapan terakhir.

Dengan molornya perbaikan dari Yamaha, apakah Rossi merasa frustrasi karena tak kunjung mendapatkan solusi?

"Anda tahu, memang seperti ini. Kami harus berusaha. Kami harus bekerja. Pada akhirnya, hasil-hasil yang kami dapat tak terlalu buruk. Kami dekat dengan puncak klasemen," ujar Rossi.

"Kami butuh sesuatu yang lebih untuk membuat langkah terakhir, agar bisa bersaing memperebutkan kemenangan. Tapi hari ini? Tidak!" katanya.


Rossi masih berada di peringkat kedua klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 132 poin. Ia tertinggal 49 poin di belakang Marquez.



(mfi/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed