detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 11 Okt 2018 20:59 WIB

Penabrak Nicky Hayden Divonis Penjara Setahun

Yanu Arifin, Yanu Arifin - detikSport
Penabrak yang membuat Nicky Hayden meninggal dunia dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Penabrak yang membuat Nicky Hayden meninggal dunia dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Nicky Hayden meninggal dunia usai mengalami kecelakaan tahun lalu. Kini, penabrak juara dunia MotoGP 2006 itu divonis hukuman penjara selama satu tahun.

Seperti diwartakan Autosport, penabrak Hayden, yang tidak disebutkan namanya dalam pengadilan, dinyatakan bersalah atas kecelakaan yang menimpa Hayden, 17 Mei 2017. Ia dituntut setahun sampai dua tahun penjara.

Hakim Vinicio Canatarini akhirnya memvonis pengemudi itu, yang diketahui berusia 31 tahun, dengan hukuman penjara selama satu tahun. SIM si penabrak Hayden juga ditarik dan ia mesti membayar persidangan.




Dalam proses pengadilan, si pengemudi diklaim menabrak Hayden, yang sedang bersepeda, dengan mobil Peugeot 206 di jalan Rimini dengan kecepatan 70 km/jam. Padahal batas kecepatan di jalan raya sana hanya boleh sampai 50 km/jam.

Seorang saksi memberatkan si pengemudi dengan pernyataan yang menyebut Hayden bisa saja terhindar dari kecelakaan andai si pengemudi membawa mobilnya dengan kecepatan 20 km/jam.




Pengacara si pengemudi sempat mengatakan insiden juga disebabkan karena Hayden tidak berhenti di rambu STOP dan bersepeda sambil mendengarkan musik.

Namun laporan kecelakaan resmi menghubungkan 30% kesalahan ada pada pengemudi mobil. Selain itu, ada bukti dari CCTV rumah terdekat yang merekam kecelakaan fatal itu.

Akibat kecelakaan itu, Hayden kritis selama beberapa hari sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Kepergian juara dunia MotoGP asal Amerika Serikat itu membuat dunia olahraga berduka.


(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed