detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Agu 2019 19:50 WIB

Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Dovizioso Juara MotoGP Austria

Lucas Aditya - detikSport
Andrea Dovizioso juara MotoGP Austria usai memenangi duel seru dengan Marc Marquez. (Foto: Lisi Niesner/Reuters)) Andrea Dovizioso juara MotoGP Austria usai memenangi duel seru dengan Marc Marquez. (Foto: Lisi Niesner/Reuters))
Spielberg - Rider Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjuarai MotoGP Austria. Italiano menyalip Marc Marquez di tikungan terakhir untuk menjadi pemenang.

Di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019) malam WIB, Dovi menjadi yang tercepat dalam 28 putaran dengan catatan waktu 39 menit 34,771 detik. Torehan itu cuma berjarak 0,213 detik dari Marquez.

Bagi Dovi, ini merupakan kemenangan kedua di MotoGP 2019. Sebelumnya, dia menjadi juara pada seri pembuka di MotoGP Qatar.

Rentetan kemenangan Marquez pun terhenti, hasil ini menyudahi kemenangan beruntun dalam dua seri sebelumnya.

Dengan tambahan 25 poin ini, Dovi ada di posisi kedua klasemen pebalap dengan koleksi 172 poin. Dia tertinggal 58 angka dari Marquez di posisi pertama.




Jalannya Balapan

Marquez disalip oleh Dovizioso pada tikungan kedua selepas start. Persaingan sengit Marquez-Dovi berlanjut, mereka nyaris senggolan.

Quartararo berhasil mengambil keuntungan dari posisi itu. Dia bisa mengambil alih posisi pertama balapan. Quartararo menjadi yang tercepat di lap pertama.

Marquez ada di posisi keempat saat satu putaran. Dia dilewati Dovi dan Jack Miller.

Ada dua pebalap yang crash pada lap kedua. Cal Crutchlow dan Pol Espargaro yang jatuh di tikungan ketiga. Marquez bisa mengambil alih posisi ketiga dari Miller pada lap ke-2.

Pimpinan balapan kembali berubah setelah tiga putaran. Quartararo dilewati oleh Dovi dalam sebuah trek lurus.

Pada lap keenam, Marquez juga mengambil posisi pebalap tim Petronas Yamaha SRT itu. Baby Alien melakukan overtake di tikungan 1.




Salip menyalip Dovi-Marquez terjadi saat balapan tinggal menyisakan 20 lap. Marquez mengambil alih posisi pertama, tapi cuma bertahan dua tikungan.

Miller crash pada lap kedelapan. Dia jatuh di tikungan kesembilan.

Kegigihan pebalap nomor 93 itu berbuah pada saat lap kesembilan. Dia kembali menjadi yang terdepan. Usaha Marquez untuk merebut posisi pertama nyaris bersenggolan dengan Dovi pada tikungan ketiga.

Marquez-Dovi mulai menjauh dari rombongan pebalap di belakangnya. Pada saat balapan menyisakan 14 putaran, mereka sudah berjarak 2,345 detik dari Quartararo di posisi ketiga. Persaingan podium pertama tinggal antara Marquez-Dovi.

Dovi menyalip Marquez menjelang tikungan pertama lap ke-20. Dalam trek lurus menjelang tikungan pertama, Italiano itu bisa mengambil alih posisi pertama.

Salip menyalip terjadi saat balapan tinggal menyisakan tiga lap. Dovi terlihat unggul di trek lurus. Sementara Marquez bisa mengamankan posisi saat tikungan.

Keseruan terjadi di tikungan pertama lap terahir. Dovi bisa menyalip, tapi di tikungan berikutnya bisa didahului Marquez lagi.

Kemenangan Dovi ditentukan pada tikungan terakhir sektor terakhir. Menjelang garis finis, dia bisa mendahului Marquez untuk menjadi pemenang.






Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com