Podium Luar Biasa untuk Melandri

- Sport
Senin, 18 Mei 2009 01:01 WIB
Le Mans - Nyaris dua tahun Marco Melandri tak menjejak podium dan sempat tak jelas masa depannya di MotoGP. Itu mengapa posisi dua yang ditempatinya di Le Mans sangat bikin dia bahagia.

Musim dingin dilewati Melandri dengan tak pasti. Usai gagal di Ducati dan hijrah ke Kawasaki, tim barunya kemudian malah menyatakan mundur dari gelaran MotoGP.

Kawasaki akhirnya menjelma jadi tim Hayate Racing dan kemudian merekrut Melandri, kendati si pembalap Italia itu awalnya tak yakin apa akan menerima. Tapi kini, itu semua ada di masa lalu.

Musim ini Melandri tampil menanjak. Pada seri kedua di Motegi dia finis di peringkat enam, diikuti posisi lima di Jerez. Podium kedua bahkan bisa dia tempati di Le Mans, Prancis, Minggu (17/5/2009).

"Luar biasa ada di sini. Lima bulan lalu saya pikir bakal menonton balapan dari TV. Saya harus berterima kasih kepada Carmelo Ezpeleta, karena dia sudah bekerja keras membawa saya kembali dan kepada semua orang di tim yang sudah bekerja keras sebagai tim privat," tukas Melandri di Autosport.

Selama beradu di kelas MotoGP, sudah 19 kali Melandri merengkuh podium. Biar demikian, dengan kondisi yang sudah dihadapi, Melandri tak ragu menyebut kemenangan kali ini adalah yang paling berarti.

"Sangat menyenangkan ada di sini. Lebih menyenangkan ada di sini ketimbang podium lain di masa lalu," lugas Melandri ceria.

Ini adalah kali pertama Melandri naik podium lagi semenjak 21 Oktober 2007, di Malaysia. Saat itu dia membalap untuk Honda dan mengakhiri musim di posisi lima klasemen.

(krs/din)