Rossi ke Ducati? Tidak

- Sport
Sabtu, 17 Okt 2009 19:00 WIB
Phillip Island - Sebuah isu yang cukup mengejutkan berhembus terkait Valentino Rossi. The Doctor dikabarkan akan meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan tim pabrikan negaranya, Ducati. Benarkah demikian?

Laporan media Italia baru-baru ini menyebutkan bahwa Rossi telah memulai pembicaraan untuk memperkuat Ducati tahun depan, dengan didanai oleh produsen rokok raksasa Philip Morris, dan juga melibatkan engineer setianya Jerry Burgees dan beberapa orang Yamaha.

"Beberapa hal membuatku tersenyum," ujar Rossi seperti dikutip Repubblica yang dilansir Reuters, Sabtu (17/10/2009), di sela-sela kesibukan Rossi menghadapi MotoGP Australia akhir pekan ini.

"Beberapa rumor memang berdasarkan fakta, tapi yang ini tidak. Aku bahkan tidak mengerti bagaimana rumor ini berawal. Mungkin dari harapan-harapan semu. Banyak orang mungkin akan senang kalau aku pindah ke Ducati. Tapi ini tidak benar."

"Di tahun 2010 aku 100 persen tetap bersama Yamaha untuk dua alasan yang sudah aku jelaskan. Di atas semua itu, aku punya kewajiban-kewajiban kontrak dengan Yamaha, yang mengikatku untuk tahun ke depan. Aku pun tak melihat jalan untuk keluar dari itu."

"Alasan kedua bahkan lebih penting lagi: aku tak punya niat meninggalkan Yamaha di tahun 2010. Lagi pula, kami sudah mulai membahas masa depan," tutur Italiano berusia 30 tahun itu.

Dikatakan Rossi, bos Yamaha MotoGP Masao Furusawa telah menawarinya kontrak untuk 2011 dan seterusnya, tapi dia telah punya rencana untuk membuat keputusan soal masa depannya pada musim panas tahun depan.

"Itu karena sebelum mengambil keputusan-keputusan, aku harus memahami apakah aku masih ingin berlanjut di balapan motor, atau ingin mengubah jalur," ujar entertainer hebat di dunia balapan itu, yang juga kerap diwacanakan akan pindah ke jalur Formula 1.

"(Ducati) mungkin salah satu opsi. Tapi kemungkinan itu tidak ada sebelum 2011," pungkasnya. (a2s/roz)