detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 13 Sep 2013 07:29 WIB

Jelang MotoGP San Marino

Demi Bersaing dengan Honda, Yamaha Pakai Girboks Baru di Misano

- detikSport
AFP/Andreas Solaro AFP/Andreas Solaro
Misano - Yamaha memastikan akan menggunakan sistem transmisi baru di MotoGP San Marino, akhir pekan ini. Transmisi bernama seamless shift gearbox ini diharapkan membuat Tim Garpu Tala lebih bersaing dengan Honda.

Setelah diuji coba di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Agustus lalu, Yamaha memastikan akan menggunakan seamless shift gearbox pada balapan di Misano, Minggu (15/9/2013) mendatang. Mereka akan menyusul dua rivalnya, Honda dan Ducati, yang telah lebih dulu menggunakan sistem tersebut.

Transmisi "seamless" membuat perpindahan gigi menjadi lebih mulus, cepat, dan stabil karena motor tak mengalami sentakan. Secara sederhana, sistem ini telah melakukan "penguncian" pada gigi berikutnya sebelum gigi yang sedang digunakan dilepas. Dengan demikian, penurunan tenaga ketika mengganti perseneling pun ikut terminimalisir.

"Itu (seamless gearbox) akan digunakan di sini besok. Kami bisa mengatakan demikian," kata pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, seperti dikutip Crash.

"Ketika kami menguji cobanya di Brno, saya tersenyum karena tidak merasakan penurunan tenaga ketika mengganti gigi. Rasanya seperti menaiki motor matic," sambungnya.

"Mungkin hal yang paling dirasakan adalah ketika menaikkan gigi ketika treknya menanjak. Normalnya motor akan 'bergoyang' ketika Anda melakukannya, tapi dengan seamless itu tidak terjadi. Mari kita lihat apa yang bisa kita dapatkan di balapan," tambah rider asal Spanyol itu.

Rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, juga antusias menyambut hal ini. Namun, Rossi menyatakan bahwa transmisi ini tak serta merta membuat motor lebih kencang.

"Kami sangat senang. Tentu saja itu penting, terutama di Misano, di mana Anda banyak melakukan perpindahan gigi. Kami berharap ini akan jadi keuntungan bagus untuk mencoba bersaing dengan Honda," tutur Rossi.

"Ini lebih kepada peningkatan di sisi pengendaraan daripada waktu putaran. Sayangnya, saya tidak berpikir bahwa seamless gearbox akan mempercepat kami setengah detik. Tapi, ini banyak membantu untuk mengarungi jarak balapan dan mendorong motor hingga batasnya tanpa kesalahan," katanya.




(raw/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com