DetikSport
Selasa 01 Oktober 2013, 15:27 WIB

Tak Ada Laguna Seca di MotoGP 2014

- detikSport
Tak Ada Laguna Seca di MotoGP 2014 Christian Pondella/Getty Images
Laguna Seca - Laguna Seca dipastikan tidak akan menggelar MotoGP pada tahun depan. Menyusul terjalinnya keputusan bersama antara Mazda Raceway Laguna Seca dengan penyelenggara MotoGP Dorna.

Dengan demikian, Amerika Serikat kini tinggal memiliki dua balap MotoGP yang digelar di Indianapolis dan Austin, Texas.

\\\"Terus terang, tidak cukup semuanya untuk berjalan bagi tiga kejuaraan dunia di Amerika Serikat,\\\" kata manajer umum Raceway Gill Campbell seperti diberitakan Monterey Herald<\/em>.

Keputusan mundur Laguna Seca diambil setelah Indianapolis mengambil opsi untuk menyelenggarakan balap MotoGP pada tahun depan.

Pasalnya, Indianapolis memperoleh suntikan dana sebesar 100 juta dolar AS dari perintah negara bagian setempat untuk meningkatkan olahraga balap motor. Sedangkan Sirkuit Austin mendapatkan dua juta dolar AS hasil kredit pajak.

Bagaimana dengan Laguna Seca? Laguna Seca dijalankan oleh perusahaan nirlaba Sports Car Assosiation of the Montere Peninsula, yang mengelola fasilitas daerah.

\\\"Kami tidak mampu bersaing. Di sini tidak ada kredit pajak atau subsidi dari pemerintah negara bagian,\\\" sambung Campbell.

Setiap tahunnya, Laguna Seca rata-rata mampu menarik sekitar 150 ribu penonton untuk menyaksikan balapan MotoGP. Meski begitu, Gill megungkapkan bahwa selama empat tahun terakhir pihaknya tidak mendapatkan keuntungan.

Sementara itu, di tahun ini penonton menurun sementara biaya izin penyelenggaraan dari Dorna naik menjadi 800 ribu dolar pada tahun depan. Sehingga Laguna Seca harus mengeluarkan sekitar sembilan juta dolar untuk menggelar balapan di tahun depan.

\\\"Kami tidak mampu,\\\" aku Campbell. \\\"Kami mungkin sementara hanya mengambil jeda (di 2014) dan melihat ke peluang lain, dan melihat bagaimana selanjutnya.\\\"



(rin/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed