Satu Tahun Buat Sirkuit Baru, Yakin?

Mercy Raya - Sport
Rabu, 27 Jan 2016 20:21 WIB
Jakarta -

Pemerintah memastikan bahwa Sirkuit Sentul batal menjadi venue untuk gelaran MotoGP 2017. Mereka menyiapkan opsi lain yaitu membuat sirkuit baru. Satu tahun yakin kelar?

Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pemerintah menyatakan bahwa Sentul tak jadi dipilih untuk menggelar MotoGP 2017. Pembatalan ini dikarenakan tidak tercapai titik temu soal simulasi skema pembiayaan, baik renovasi sirkuit dan event, antara pemerintah dengan pengelola Sentul.

[Kemenpora: MotoGP Batal di Sentul, Presiden Minta Tinjau Ulang Lokasi]

Untuk diketahui, perbaikan Sentul ditaksir membutuhkan dana Rp 150 miliar. Kepada operator MotoGP, Dorna, Indonesia juga harus menyetor event fee sebesar 23,4 juta dolar -- walaupun pembayarannya bisa bertahap.

Masalahnya, Sentul bukan properti negara dan uang negara (APBN) tidak bisa diperuntukkan hal-hal yang sifatnya murni komersial, sedangkan MotoGP adalah event yang sangat komersial, yang semestinya menjadi ranah pihak swasta.

Meski begitu, Kemenpora masih yakin bisa melanjutkan rencana menghajat MotoGP 2017, dengan cara membuat sirkuit baru, dengan Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan disebut sebagai kandidatnya.

Itu artinya, dengan target musim 2017, sirkuit tersebut harus sudah terbangun dalam waktu sekitar satu tahun. Padahal, Jakarta dan Sumsel sedang fokus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018, begitu pula Jawa Barat dengan hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada September mendatang. Cukupkah itu?

"Sangat cukup. Kata pihak yang kompeten di bidang itu, yang lama itu finishing-nya," kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Sekadar pembanding, Sirkuit Buriram di Thailand mulai dibangun pada 2 Maret 2013, dan kelar pada September 2014. Menghabiskan biaya sekitar Rp 700 miliar, sirkuit ini mendapat label 'Grade 1' oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Jika pemerintah sangat pede untuk membuat sirkuit baru, apakah rencana itu akan diterima oleh Dorna?

"Deadline tanggal 30 Januari. Kami harap Dorna bisa memperpanjang. Moga-moga bisa karena kami berkomunikasi intens dengan Dorna," ujar Gatot.

(mcy/a2s)