detiksport
Follow detikSport
Senin, 21 Mar 2016 01:51 WIB

MotoGP Qatar

Lorenzo Juara, Dovi Kedua, Marquez Ketiga

Doni Wahyudi - detikSport
Mirco Lazzari gp/Getty Images Mirco Lazzari gp/Getty Images
Losail - Jorge Lorezo mengawali upaya mempertahankan gelar juara dunia dengan meraih kemenangan di MotoGP Qatar. Lorenzo mengalahkan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez yang finis di belakangnya.

Balapan pembuka musim yang digelar di Sirkuit Losail, Senin (21/3/2016) dinihari WIB, berjalan seru sejak lap pertama. Lorenzo berhasil mempertahankan posisi terdepan sesaat setelah start, sementara Marquez dan Maverick Vinnales - yang dapat posisi start dua dan tiga - mundur beberapa posisi ke belakang.

Duo Ducati, Andrea Iannone dan Doviziso, menjalani start gemilang dengan langsung menyodok ke posisi dua dan tiga. Pada lap kedua mereka malah memimpin balapan, setelah nyaris bersamaan menyalip Lorenzo di lintasan lurus.

Lorenzo kemudian menunjukkan statusnya sebagai juara dunia. Dia bisa kembali memimpin balapan dan mempertahankan posisi tersebut sampai menyentuh garis finis.

Menduduki podium kedua dalam race ini adalah Dovizioso. Rider Ducati itu meraihnya setelah menyalip Marquez di lap terakhir, di mana mereka berdua sempat terlibat duel sengit jelang finis.

Meski terus berada di rombongan terdepan, Valentino Rossi tak pernah punya kesempatan memimpin race. Pada akhirnya The Doctor harus puas dapat posisi finis di urutan keempat.

Jalannya Balapan

Pemilik pole, Lorenzo, menjalani start dengan sempurna. Dia mempertahankan posisi terdepan sesaat setelah start. Perubahan besar terjadi di belakang Lorenzo.

Marquez dan Vinales yang dapat posisi start dua dan tiga terlempar ke posisi lima dan tujuh. Lonjakan besar didapat dua pebalap Ducati: Iannone melesat ke posisi dua dan Dovizioso yang naik tiga anak tangga ke posisi tiga. Sementara Rossi naik satu anak tangga untuk menempati urutan keempat.

Komposisi tersebut tak bertahan lama karena di lap kedua terjadi pergantian tampuk pimpinan. Di lintasan lurus Iannone dan Dovizioso nyaris berbarengan mendahului Lorenzo. Duo Ducati kini memimpin balapan: Iannone nomor satu, Dovi di posisi kedua. Berada di belakang duo Italia itu adalah Lorenzo, Rossi, dan Marquez.

Satu lap berselang Marquez berhasil memperbaiki posisinya usai menyalip Rossi di sebuah tikungan ke kiri. Juara dunia 2013 dan 2014 itu kini menempati urutan empat.

Ada lima pebalap di posisi terdepan berjarak sangat dekat. Dua rider Ducati masih berada di posisi paling depan, diikuti Lorenzo, Marquez, lalu Rossi. Di belakang mereka, terpaut lebih dari satu detik adalah Dani Pedrosa yang terlibat duel dengan Vinales.

Duel sengit terjadi antara duo Ducati pada lap kelima. Sebelum masuk ke lintasan lurus Dovi sempat mengambil alih status pemimpin balapan dari tangan Iannone, tapi di tikungan selanjutnya Iannone merebut kembali posisi tersebut.

Satu putaran berselang Dovi akhirnya bisa mengambil alih lagi posisi paling depan. Persaingan antara duo Ducati itu pada akhirnya tuntas setelah Iannone terjatuh di lap 6. Dia kehilangan kendali motornya saat menikung ke kiri dan jatuh terseret hingga masuk gravel.

Setelah Iannone jatuh, Dovi ditempel ketat oleh Lorenzo. Jarak kedua pebalap hanya di kisaran 0,2 detik. Upaya Lorenzo merebut kembali posisi nomor satu berhasil di lap sembilan.

Saat balapan tersisa 10 lap, komposisi rider di posisi 10 besar adalah: Lorenzo, Dovi, Marquez, Rossi, Pedrosa, Vinales, Espargaro, Barbera, Smith dan Redding.

Tak ada perubahan terjadi di posisi terdepan sampai beberapa lap setelahnya - meski jarak empat pebalap terdepan sangat dekat. Lorenzo masih solid memimpin balapan, sementara Dovizioso juga bertahan di urutan kedua.

Pada beberapa kesempatan Marquez terlihat akan menyerang rider Italia itu, namun itu tak kunjung terjadi. Untuk Rossi, jaraknya dengan Marquez terus menjauh mendekati satu detik saat race menyisakan 6 lap.

Jarak Marquez dengan Dovi kurang dari setengah detik saat balapan menyisakan lima lap. Satu lap berselang Marquez akhirnya bisa mendahului Dovi dan merebut posisi kedua.

Dengan ada empat lap tersisa, Marquez membidik Lorenzo. Jarak mereka berdua sekitar 1,1 detik. Tapi upaya Marquez mendekati Lorenzo sulit. Bukan hanya karena balapan tinggal menyisakan sedikit lap. Di sisi lain Lorenzo malah berhasil mencatatkan rekor waktu baru yakni 1:54.927 tiga lap sebelum garis finis. Di momen ini jarak kedua pebalap terdepan adalah 0,7 detik.

Bukannya merapatkan jarak dengan Lorenzo dan merebut posisi terdepan, Marquez malah kehilangan posisi kedua setelah dia disalip Dovizioso. Marquez malah nyaris juga disusul Rossi.

Beberapa tikungan menjelang finis Marquez bisa merebut kembali posisi dua, tapi satu tikungan berselang Dovi kembali mendahuluinya. Komposisi Lorenzo, Dovi, Marquez, dan Rossi tak berubah sampai mereka berempat melewati garis finis.

Hasil MotoGP Qatar

1 Jorge Lorenzo Yamaha 22 42m28.452s
2 Andrea Dovizioso Ducati 22 2.019s
3 Marc Marquez Honda 22 2.287s
4 Valentino Rossi Yamaha 22 2.387s
5 Daniel Pedrosa Honda 22 14.083s
6 Maverick Vinales Suzuki 22 15.423s
7 Pol Espargaro Tech3 Yamaha 22 18.629s
8 Bradley Smith Tech3 Yamaha 22 18.652s
9 Hector Barbera Avintia Ducati 22 21.160s
10 Scott Redding Pramac Ducati 22 24.435s
11 Aleix Espargaro Suzuki 22 35.847s
12 Eugene Laverty Aspar Ducati 22 41.756s
13 Alvaro Bautista Aprilia 22 41.932s
14 Jack Miller Marc VDS Honda 22 41.982s
15 Tito Rabat Marc VDS Honda 22 54.953s (din/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed