Lorenzo Terlecut Kenangan 11 Tahun Lalu

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 23 Mei 2016 11:33 WIB
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Mugello - Jorge Lorenzo mengalahkan Marc Marquez untuk memenangi MotoGP Italia berkat aksi apik menjelang garis finis. Lorenzo rupanya terlecut sebuah kenangan 11 tahun lalu.

Lorenzo terlibat duel sengit dengan Marquez di putaran terakhir menuju garis finis Mugello. Pada akhirnya si rider Movistar Yamaha berjaya dengan keunggulan 0,019 detik saja dari rivalnya yang membalap untuk Repsol Honda.

Apa yang dilakukan Lorenzo ketika itu terbilang kurang lazim karena biasanya ia lebih cenderung main aman pada sebuah putaran akhir yang sengit. Apalagi saat itu posisi dua juga relatif sudah dipegang.

Di balapan kali ini Lorenzo rupanya terkenang sebuah duelnya dengan Alex de Angelis di tahun 2005, pada kelas 250cc, untuk dapat mengunci posisi finis kedua di belakang Dani Pedrosa.

"Saya tidak menduga Marquez sedemikian tangguh dan konsisten. Jadi dengan dirinya terus membuntuti, saya berusaha menghindar dan saya menguras banyak energi. Di bagian akhir balapan pun tenaga saya sudah terkuras," kata Lorenzo di Crash.net.

"Ketika ia menyalip saya di putaran terakhir saya sempat berpikir, 'Oke, tetap membuntutinya dan lihat situasinya, amati kalau ia membuat kesalahan yang bisa menguntungkan'. Saya terus mengekor dan ketika tiba di chicane terakhir, saya terkenang dengan manuver di 2005 ketika saya menyalip (Alex) de Angelis di 250cc, jadi saya punya ide gila untuk melakukan hal serupa.

"Saya pun mulai menambah kecepatan dan memasuki tikungan sedemikian cepat, mungkin terlalu dini karena Marquez kemudian melewati saya lagi, jadi saya menduga saya bakal kalah di balapan itu karena di MotoGP biasanya tidak mudah untuk menyalip rider lain dengan slipstream.

"Beruntungnya hari ini rider di depan adalah Marc dengan Hondanya, yang tahun ini bergulat dengan mesinnya, jadi saya pun ngebut menuju tikungan terakhir dan berada cukup dekat dengannya, dan saya pun unggul beberapa meter untuk meraih kemenangan tak terduga ini," sebutnya.


(krs/nds)