DetikSport
Kamis 16 Maret 2017, 12:17 WIB

Jelang MotoGP 2017

Awal dari Persaingan Jangka Panjang Vinales vs Marquez?

Kris Fathoni W - detikSport
Awal dari Persaingan Jangka Panjang Vinales vs Marquez? Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
FOKUS BERITA: Jelang MotoGP 2017
Jakarta - Nama Maverick Vinales terus-terusan disebut menjelang bergulirnya MotoGP 2017. Bahkan ada opini ini awal dari persaingan jangka panjang dia dengan Marc Marquez.

Setelah pindah dari Suzuki, yang dibela Vinales selama dua musim awalnya pada kelas primer, rider Spanyol 22 tahun itu sudah tampil impresif bersama tim Movistar Yamaha dalam tes-tes pramusim. Ia bukan cuma pamer kecepatan melainkan sekaligus memberi cerminan betapa mulusnya proses adaptasi dirinya dengan tim baru.

"Jujur saja, saya terkejut dengan Maverick. Saya tak meragukan kecepatannya, tapi saya tidak menduga ia menyudahi setiap tes di posisi atas. Saya kaget dengan betapa cepatnya ia beradaptasi dengan Yamaha, bisa cepat di sejumlah sirkuit dan kondisi berbeda," kata Manajer Tim Suzuki Davide Brivio kepada GPOne.com.

"Tidak pernah ada satu favorit, tak logis mengatakan sesuatu seperti itu. (Tapi) Maverick akan ada di jajaran para favorit. Ia akan terlibat dalam persaingan berebut gelar juara, bukan cuma musim ini melainkan juga 10 tahun ke depan. Duel antara Marquez dan Vinales akan berjalan dalam jangka panjang," ujarnya.

Setelah tes pramusim terakhir di Losail, Qatar, lalu Andrea Dovizioso dari Ducati pun sempat mengatakan betapa ia bisa sangat puas dengan hasil di sana jika tidak ada Vinales. Dovizioso merasa laju dan catatan waktunya sudah cukup oke, tapi tetap saja masih kalah dibandingkan Vinales.

"Saya percaya ia bahkan bisa membuat catatan waktu lebih baik lagi jika benar-benar hendak menggeber motornya," tutur Dovizioso seperti dilansir Autosport.

Jorge Lorenzo, mantan rider Yamaha yang kini membalap buat Ducati, mengamini pendapat rekan satu timnya tersebut. "Vinales sangat tangguh dan saya pikir itu bukan karena perkara motornya mengingat ia mengungguli para rider Yamaha lain."

Marquez sendiri, sang juara bertahan, mengakui betapa Vinales di atas motor Yamaha akan jadi kekuatan yang sangat patut diwaspadai secara khusus dalam balapan pertama di Losail, Qatar, pada 26 Maret mendatang.

"Ada satu rider, Maverick, yang unggul di sirkuit ini. Tapi setelah dirinya, saya pikir kami juga akan mampu bersaing," sebut rider Repsol Honda itu di MotoGP.com.

Vinales juga jadi salah satu topik yang dibahas dalam wawancara Dani Pedrosa, rekan setim Marquez, dengan GPOne.com. Sedikit berbeda, Pedrosa menilai Vinales masih harus membuktikan diri.

"Banyak hal akan bergantung pada kemampuannya menghadapi tekanan. Ada perbedaan antara pemenang kejutan dan berkewajiban untuk menang," ucapnya.


(krs/fem)
FOKUS BERITA: Jelang MotoGP 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed