DetikSport
Jumat 17 Maret 2017, 07:47 WIB

Para Rookie Pemanas Persaingan MotoGP 2017

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Para Rookie Pemanas Persaingan MotoGP 2017 Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
Jakarta - MotoGP 2017 kedatangan empat pebalap rookie yang akan memanaskan persaingan. Siapa yang punya potensi terbesar?

Empat lulusan Moto2 akan tampil di MotoGP musim ini. Mereka adalah Johann Zarco dan Jonas Folger yang memperkuat Monster Yamaha Tech3, Alex Rins yang membela bendera Suzuki Ecstar, dan Sam Lowes yang tampil untuk Aprilia Gresini.

Jika dilihat dari kiprahnya di Moto2 musim lalu, Zarco dan Rins adalah dua nama terbesar. Zarco merupakan juara dunia, yang sukses mempertahankan gelar dari 2015 lalu.

Sementara Rins merupakan penghuni peringkat tiga musim lalu, namu sudah konsisten bersaing di barisan terdepan sejak dua musim sebelumnya. Di 2014 dan 2015 dia finis di posisi tiga dan dua secara berurutan.

Sedangkan Folger dan Lowes musim lalu berada di posisi tengah. Folger menuntaskan musim di peringkat lima dan Lowes di peringkat tujuh.

Mengamati performa keempatnya sepanjang tes pramusim di 2017, tak bisa disangkal bahwa kombinasi Zarco dan Folger di Monster Yamaha Tech3 adalah yang paling potensial. Finis di posisi 10 besar akan sangat terbuka, sementara juga ada peluang untuk bisa merangsek ke lima besar meski naik podium jelas akan sulit.

Di tes pramusim Sepang, Zarco berada di posisi 11 pada klasemen keseluruhan tes sementara Folger di urutan 15. Di tes Phillip Island, Zarco malah merosot ke urutan 15 sedang Folger melesat ke posisi empat.

Pada tes terakhir yang berlangsung di Losail, Zarco memperbaiki posisi ke urutan 10 sementara Folger di tangga ke-8. Namun perlu dicatat bahwa di tes ini, selisih Zarco dengan Maverick Vinales yang jadi pebalap tercepat pun cuma 0,570 detik.

Meski tes pramusim tak bisa sepenuhnya jadi patokan, hasil-hasil tersebut setidaknya bisa menunjukkan potensi awalnya. Dengan adaptasi yang terus berjalan seiring musim berjalan, Zarco dan Folger bakal semakin klik dengan YZR-M1 dan punya laju lebih baik.

Rins cukup punya kans untuk bisa melanjutkan persaingan dengan dua rivalnya itu, jika bisa segera mendapatkan setelan yang sesuai dengan gayanya. Rider Suzuki ini memetik hasil bagus di Phillip Island dengan finis keenam, namun kurang oke di Sepang dan Losail karena cuma ada di peringkat 12 dan 15.

Sementara Lowes sepertinya masih akan butuh waktu untuk setidaknya bisa bersaing di papan tengah. Hasil-hasil di pramusim menunjukkan pebalap 26 tahun itu kesulitan mendekati posisi 10 besar, dengan finis di urutan 23, 22, dan 19 di tiga tes.

Menarik untuk disimak bagaimana kiprah empat debutan ini di MotoGP 2017. Seri pertama akan berlangsung di Losail, Qatar, pada 26 Maret mendatang.
(raw/cas)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed