DetikSport
Selasa 21 Maret 2017, 19:27 WIB

Statistik MotoGP 2017 dan Balapan di Qatar Akhir Pekan Ini

Kris Fathoni W - detikSport
Statistik MotoGP 2017 dan Balapan di Qatar Akhir Pekan Ini Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Jakarta - MotoGP 2017 akan mulai bergulir pekan ini, seiring dengan dilangsungkannya balapan pembuka musim di Losail, Qatar.

MotoGP Qatar bakal mengawali persaingan di kelas primer, yang musim ini menghadirkan 18 seri balapan sampai dengan seri pamungkas di Valencia pada 12 November mendatang.

Berikut statistik menjelang start musim ini, dan secara khusus balapan di akhir pekan, seperti dirangkum MotoGP.com

- Ada 10 juara dunia grand prix dalam susunan pebalap MotoGP 2017. Ke-10 rider itu sudah meraih total 29 titel kejuaraan dunia di antara mereka; sebuah rekor dalam entry list lengkap.

- Sembilan rider di daftar tersebut sudah memenangi balapan-balapan di kelas primer. Kesembilan rider ini secara gabungan sudah membukukan 197 kemenangan kelas primer -- jumlah kemenangan akumulasi tertinggi di entry list menjelang balapan pembuka musim.

- 20 rider di entry list MotoGP sudah pernah meraih kemenangan dalam setidaknya satu dari salah satu kelas kejuaraan dunia grand prix, dengan total keseluruhan 434 kemenangan balapan grand prix.

- Setelah memenangi balapan terakhir 2016 di Valencia dengan Yamaha, Jorge Lorenzo kini membela tim pabrikan Ducati. Ia pun punya kesempatan menjadi rider kedua sepanjang masa yang memenangi dua seri balapan kelas primer grand prix secara berturut-turut di atas motor dari dua pabrikan berbeda.

Satu-satunya rider sebelum ini yang pernah melakukannya adalah Valentino Rossi, yang memenangi balapan seri pembuka 2004 di Afrika Selatan di atas motor Yamaha setelah memenangi balapan pamungkas musim 2003 di Valencia bersama Honda.

- Yamaha merupakan pabrikan tersukses di kelas MotoGP pada sirkuit Losail dengan tujuh kemenangan, termasuk empat kali dalam lima tahun terakhir.

- Honda sudah mencatatkan tiga kemenangan MotoGP di Qatar, dengan yang terakhir dicapai pada tahun 2014 oleh Marc Marquez (Tim Repsol Honda).

- Ducati pernah menang di Losail selama tiga tahun beruntun, 2007 sampai 2009, lewat Casey Stoner.

- Rider dengan kemenangan grand prix terbanyak di Losail adalah Jorge Lorenzo dengan enam kemenangan (3 x MotoGP, 2 x 250cc, 1 x 125cc).

- Di Valencia musim lalu Marquez, berkat finis kedua, mencatatkan podium ke-51 kelas primer, menyamai Alex Criville dan Kevin Schwantz dalam karier keduanya di 500cc. Jika Marquez finis tiga besar di Qatar pada akhir pekan, ia akan menyamai jumlah podium kelas primer milik Wayne Gardner.

- Jonas Folger adalah satu-satunya dari empat rookie MotoGP tahun ini yang sebelumnya pernah menang di Qatar pada kelas-kelas lebih rendah, setelah meraih kemenangan di sana pada kelas Moto2 tahun 2015.

- Tiga seri balapan terakhir 2016 dimenangi oleh tiga pabrika berbeda; Honda, Ducati, Yamaha. Semenjak 1975, belum pernah ada lagi balapan kelas primer memunculkan empat pabrikan berbeda sebagai pemenang; pada saat itu Yamaha, Kawasaki, Suzuki, MV Agusta.

- Ketika masih menunggangi motor Suzuki, Maverick Vinales meraih kemenangan pertamanya di MotoGP dalam balapan di Silverstone musim lalu. Satu kemenangan tahun ini di atas motor Yamaha akan membuatnya jadi rider termuda sepanjang sejarah, setelah Mike Hailwood (Norton & MV Agusta), yang memenangi seri balapan di kelas primer dengan dua motor dari pabrikan berbeda.

- Jika Valentino Rossi, di usia 38 tahun, berhasil finis tiga besar dalam salah satu balapan di 2017 maka ia akan menjadi rider tertua yang bisa naik podium di kelas primer, semenjak Jack Findlay memenangi grand prix Austria 1977 -- sebuah balapan yang diboikot oleh sejumlah rider top saat itu karena alasan keselamatan.

- Jika Maverick Vinales meraih kemenangan dalam sebuah seri balapan di 2017 maka ia akan menjadi rider keempat dalam sejarah balapan grand prix yang memenangi balapan kelas primer di atas motor Suzuki dan Yamaha, bersama dengan Barry Sheene, Randy Mamola, dan Jack Middelburg.



(krs/fem)

FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed