DetikSport
Rabu 22 Maret 2017, 10:41 WIB

Jelang MotoGP 2017

Tentang Potensi Daya Saing Rossi Tahun Ini

Kris Fathoni W - detikSport
Tentang Potensi Daya Saing Rossi Tahun Ini Foto: AFP PHOTO / MOHD RASFAN
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Doha - Mantan bintang 500cc Randy Mamola membahas soal potensi daya saing Valentino Rossi di MotoGP 2017. Ia ikut menyebut nama Maverick Vinales dan Marc Marquez.

Mulai musim ini Vinales akan menjadi rekan satu tim Rossi di tim pabrikan Yamaha. Kiprah Vinales di atas motor YZR-M1 sudah sedemikian impresif di tes-tes pramusim, membuat Rossi malah jadi ada di bawah bayang-bayangnya.

Sementara itu Marquez menjalani musim ini dengan status juara bertahan, yang dalam empat musim keikutsertaan di kelas primer sudah menyabet gelar juara dalam tiga di antaranya. Sempat beberapa kali crash dalam tes pramusim, Marquez tetap menyatakan rasa puasnya karena persiapan kali ini ia rasakan lebih baik daripada tahun lalu.

"Kalau kesimpulan terbesar dalam tes pramusim adalah mengenai persaingan antara Marquez dengan Vinales, ada beberapa pertanyaan yang tak terjawab seperti bagaimana Rossi akan tampil setelah sebuah musim dingin yang sama sekali tidak membuatnya bisa berada di garis depan," tulis Mamola dalam kolomnya di Motorsport.com.

[Baca juga: Rossi (Kembali) Mengejar yang ke-10]

Pertanyaan itu setidaknya akan mulai terjawab ketika MotoGP 2017 mulai bergulir dalam balapan di Losail, Qatar, pada akhir pekan. Tapi Mamola memberikan sejumlah analisis mengenai fakta yang ada sejauh ini.

"Pertama-tama kedatangan Vinales ke garasi Yamaha sudah mengejutkan Rossi. Setelah bertahun-tahun punya hubungan kontroversial, ketegangan tentunya raib setelah (Jorge) Lorenzo mengumumkan bakal ke Ducati. Tapi jika Vinales tampil di level tinggi seperti di pramusim, sudah pasti friksi akan muncul lagi di garasi Yamaha," katanya.

Tentang Potensi Daya Saing Rossi Tahun IniFoto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp

"Rossi adalah seorang rider berpengalaman di dunia balap dan, seperti sudah kita lihat di masa lalu, ia membuktikan tahu persis bagaimana memainkan segala trik. Itu membuat kita bertanya-tanya apakah kelemahan yang ia perlihatkan memang nyata, atau kita malah akan dikejutkan dirinya ketika musim sudah dimulai.

"Kita belum dapat memastikan itu, tapi jika ada satu hal yang jelas buat saya adalah Vinales akan memainkan peran besar musim ini, sesuatu yang bisa mempengaruhi rekan setimnya yang baru, rider yang sama yang mestinya jadi rival terbesarnya di lintasan," bebernya.

Mamola kemudian menyebut performa Vinales di tes pramusim lalu juga berimbas pada Marquez. "Maverick bahkan tidak crash selama total 11 hari tes resmi, berbeda dengan Marquez dan Rossi. Kita dapat simpulkan bahwa fakta-fakta ini memaksa Marquez mengambil risiko besar dan itu bisa meningkatkan persaingan di antara kedua rider, sesuatu yang bisa menguntungkan jalannya perebutan gelar juara dunia."

Tentang Potensi Daya Saing Rossi Tahun IniFoto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Kembali soal Rossi, Mamola lantas meninjau penampilannya musim lalu. Saat itu The Doctor berhasil dua kali naik podium teratas yakni di Jerez dan Barcelona, "dua seri di mana rider lain kesulitan dengan ban Michelin."

Menurut Mamola, Rossi adalah pakar ketika harus tancap gas di atas permukaan lintasan berdaya cengkeram rendah. "Tapi Michelin sudah memoles kompon bannya untuk 2017, sesuatu yang kini bisa jadi tak menguntungkan Rossi," simpulnya.




(krs/rin)
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed