DetikSport
Minggu 26 Maret 2017, 03:55 WIB

Para Pebalap Dukung Keputusan Dibatalkannya Sesi Kualifikasi

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Para Pebalap Dukung Keputusan Dibatalkannya Sesi Kualifikasi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Doha - Cuaca buruk mengakibatkan penyedibatalkannya sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2017. Para pebalap mendukung keputusan tersebut.

Hujan lebat disertai badai mengguyur Sirkuit Losail pada Sabtu (25/3/2017). Namun, setelah hujan reda lintasan tidak mengering sepenuhnya. Terdapat genangan air di beberapa titik di lintasan.

Alhasil, penyelenggaran mesti mengambil keputusan dengan membatalkan seluruh sesi kualifikasi di semua kelas. Alasannya, lintasan tidak cukup aman untuk para pembalap.

Posisi start balapan kemudian ditentukan oleh waktu terbaik di seluruh latihan bebas. Rider Movistar Yamaha Maverick Vinales keluar sebagai yang tercepat dengan 1 menit 54,316 detik di depan Andrea Iannone dan juara bertahan Marc Marquez.

Pembatalan ini tidak menguntungkan bagi Valentino Rossi karena start di posisi kesepuluh dan Jorge Lorenzo dua grid di belakang dia. Sedangkan Dani Pedrosa menempati posisi ketujuh.

"Sangat aneh, sangat aneh hujan di Qatar," kata Vinales di Motorsport.com. "Lintasannya tidak [cocok untuk ban hujan, juga tidak untuk ban kering."

Kupikir memang terlalu berisiko untuk melaju di sana. Tentu saja beberapa pebalap akan kecewa, yang lain akan sedikit lebih gembira, tapi bagiku keselamatan adalah yang utama dan hari ini cukup sulit. Kalau [besok hujan, kami akan mencoba balapan, kami harus mencoba."

Para Pebalap Dukung Keputusan Dibatalkannya Sesi KualifikasiFoto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Balapan di Qatar belum pernah dilakukan dalam kondisi hujan. Pada 2009, balapan memang pernah diundur sampai Senin dengan penyebab serupa.

Rencananya pada hari Minggu, sesi pemanasan akan diperpanjang dengan tujuan agar para rider bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh akan kondisi lintasan sebelum balapan.

"Bagiku, masalahnya adalah kita mengalami kondisi ekstrem. Semalam, hujannya begitu lebat, dan di sini Qatar tidak biasa menjadi sebasah ini dan mungkin mereka bisa bersiap seperti orang-orang di negara lain," timpal Marquez.

"Masalahnya sekarang adalah di area lintasan kencang seperti ada sebuah danau. Ini berbahaya kalau Anda jatuh kemudian bagian dari sungai bisa menyeberangi lintasan. Kuharap hujannya normal, kami bisa melakukan tes dan membalap. Kami perlu melakukan pemeriksaan, tapi besok cuaca tampaknya lebih baik."

Rossi menjadi salah satu pebalap yang merugi dengan pembatalan ini. Namun, memaksakan sesi kualifikasi memang tidak dapat dilakukan.

"Bagiku secara pribadi, ini sangat buruk karena aku start dari belakang, tapi memang keputusan yang benar," kata Rossi. "Tidak mungkin untuk melakukan latihan pada hari ini."

"Lintasannya separuh benar-benar basah, Anda tidak akan tahu ban apa yang mesti digunakan dan juga itu sangat berbahaya. Pembatalan adalah satu-satunya keputusan yang bisa diambil."
(rin/nds)
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed