DetikSport
Senin 27 Maret 2017, 07:45 WIB

Sedikit Kejutan dari Johann Zarco, Si Debutan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Sedikit Kejutan dari Johann Zarco, Si Debutan Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Doha - Johann Zarco merupakan salah satu debutan di MotoGP musim ini. Penampilannya di balapan perdana di Qatar mengejutkan: sempat memimpin dengan amat nyaman.

Dalam balapan pertama musim ini di sirkuit Losail, Senin (27/3/2017) dinihari WIB, Zarco start dari posisi empat. Pebalap Monster Yamaha Tech3 ini ada di belakang Maverick Vinales, Andrea Iannone, dan Marc Marquez.

Selepas start, Iannone dan Zarco melesat ke dua posisi terdepan. Zarco pada prosesnya merebut posisi pertama dari Iannone, meski sempat menjalani pertarungan ketat termasuk dengan Marquez.

Berangsur-angsur Zarco bahkan membuka jarak hingga lebih dari 1,5 detik dan memimpin dengan nyaman. Dia menempati posisi terdepan hingga putaran keenam dan tampak bakal memberikan kejutan besar di awal musim ini.

Namun juara dunia Moto2 itu kemudian kehilangan kendali YZR-M1 miliknya saat memasuki tikungan kedua dan terjatuh. Dia pun gagal finis setelah menunjukkan potensi besarnya.

Zarco tak menyesali keputusannya berusaha maksimal dan melaju di ambang batas. Setidaknya kini dia memahami lebih baik batasan-batasan motornya, percaya bahwa finis di podium itu lebih dari sekadar mungkin.

"Kita bisa mengatakan bahwa itu adalah kesalahan seorang pemula. Saya cuma ingin melaju dan saya sudah berkata bahwa kalau Anda memutuskan mengebut dan berusaha keras, Anda bisa menemukan batasannya. Saya menerima pilihan saya," ujar Zarco dikutip Motorsport.

"Memulai dari baris kedua, saya sejak awal ingin menggunakan kesempatan untuk tampil cepat dalam laju, seperti para pebalap top. Saya bisa melihat bahwa saya merasa nyaman dibandingkan mereka."

"Jadi saya cuma merasa senang bisa melewati para pebalap ini dan kemudian memimpin, lalu mencoba menjauh. Motor terasa nyaman, saya saat itu tidak mau menekan lebih jauh."

"Tapi itu berarti bahwa saya dekat dengan batasan dan cuma sempat sedikit melebar di tikungan kedua. Ini disayangkan memang. Pastinya memungkinkan bagi saya untuk mungkin naik podium atau bahkan lebih baik," tambahnya.
(raw/mfi)
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed