DetikSport
Senin 27 Maret 2017, 09:53 WIB

Podium '10 Euro' Valentino Rossi

Kris Fathoni W - detikSport
Podium 10 Euro Valentino Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Doha - Valentino Rossi mengawali MotoGP 2017 dengan naik podium -- tanpa ia duga. Fakta bahwa ia bisa "melihat" Maverick Vinales pun mengejutkannya.

Rider Movistar Yamaha tersebut kesulitan meraih hasil-hasil memuaskan sepanjang tes pramusim lalu. Rossi praktis ada di bawah bayang-bayang Vinales, rekan setimnya yang baru, yang mendominasi pramusim.

Menjelang akhir pekan balapan pembuka musim di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (27/3/2017) dinihari WIB, Rossi pun kesulitan mencatatkan waktu putaran menjanjikan di sesi-sesi latihan.

Pada latihan pertama catatan waktu Rossi cuma menempatkannya di posisi sembilan, disusul posisi enam dan 13 pada dua sesi berikutnya. Secara keseluruhan, catatan waktu The Doctor hanya menempatkannya di peringkat 10. Posisi itu pula yang harus ia tempati di grid start ketika sesi kualifikasi dibatalkan akibat cuaca.

Akan tetapi, pada akhirnya Rossi justru mampu tampil kompetitif dalam balapan sebenarnya. Ia berhasil finis ketiga di belakang Andrea Dovizioso (Ducati) dan Vinales yang jadi pemenang. Rossi sama sekali tidak menyangka.

"Sudah pasti kalau saya harus bertaruh bisa naik podium hari ini, saya takkan mau bertaruh! Mungkin 10 euro saja?" seloroh Rossi di MotoGP.com. "Tapi tadi kami tak pernah menyerah dan berusaha semaksimal mungkin."

Catatan waktu Rossi saat menyabet podium ketiga itu cuma terpaut 1,928 detik dari Vinales. Rossi pun terkejut karena lajunya dalam balapan bikin ia bisa "melihat" Vinales, sesuatu yang tak bisa ia lakukan dalam tes.

"Saya harap balapan ini bisa memberi kami informasi yang cukup sehingga kami dapat memahami bagaimana caranya bisa terus seperti ini. Saya gembira karena saya tadi melihat Maverick sepanjang balapan -- dan itu tak pernah terjadi dalam tes!" sebutnya.

Ini menjadi podium nomor sembilan Rossi di Qatar. Musim lalu rider Italia berusia 38 tahun tersebut menyudahi balapan di Losail pada posisi empat.



(krs/krs)
FOKUS BERITA: MotoGP Qatar
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed