DetikSport
Selasa 11 April 2017, 16:01 WIB

Bagaimana Kiprah Para Rookie MotoGP 2017 Sejauh Ini?

Kris Fathoni W - detikSport
Bagaimana Kiprah Para Rookie MotoGP 2017 Sejauh Ini? Jonas Folger (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Empat rookie MotoGP sudah melewati dua seri balapan. Ada satu yang mampu menembus 10 besar tapi ada pula yang masih nihil poin.

Dua seri MotoGP musim ini sudah dihelat, masing-masing di Losail, Qatar dan kemudian Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina.

[Baca juga: Rookie-Rookie MotoGP 2017]

Sedari seri pembuka, penggemar MotoGP sudah sempat dikejutkan dengan aksi salah satu rookie, Johann Zarco. Ia sempat melesat memimpin balapan di Qatar, juga mencatatkan fastest lap di balapan ini, walaupun akhirnya terjatuh.

Bagaimana Kiprah Para Rookie MotoGP 2017 Sejauh Ini?Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp

Akan tetapi, pada seri kedua di Argentina akhir pekan lalu rider Monster Yamaha Tech 3 tersebut mampu meraih hasil finis terbaik di antara para rookie lainnya setelah menyudahi balapan tersebut di posisi lima.

Akan tetapi, akibat DNF-nya pada seri pertama lalu maka Zarco (11 poin) pun harus rela berada di bawah Jonas Folger (16 poin), sesama rookie yang juga rekan satu timnya di Monster Yamaha Tech 3, di papan klasemen.

Folger menjadi rookie MotoGP yang menempati posisi klasemen paling bagus sejauh ini dengan menempati posisi enam. Ia secara konsisten finis 10 besar dari dua seri -- posisi 10 di Qatar dan posisi enam di Argentina.

[Lihat juga: Klasemen MotoGP]

Alex Rins, rookie ketiga, yang membela Suzuki Ecstar sementara itu sudah mengoleksi tujuh poin setelah finis di posisi sembilan pada balapan pertama. Ia gagal menyelesaikan balapan di Termas de Rio Hondo, dalam kondisi fisik yang diduga tidak 100% karena sempat mengalami insiden motokros sebelum seri ini.

Bagaimana Kiprah Para Rookie MotoGP 2017 Sejauh Ini?Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Menariknya, ketiga rookie tersebut sejauh ini punya pencapaian lebih baik daripada juara dunia tiga kali MotoGP Jorge Lorenzo yang masih beradaptasi dengan Ducati dan baru punya lima poin berkat finis di posisi 11 di Qatar.

Sementara itu Sam Lowes menjadi satu-satunya rookie musim ini yang belum dapat poin. Rider Aprilia Racing Team Gresini itu finis di posisi 18 pada balapan pertama dan tak finis di balapan kedua.

Di antara seluruh rider kelas primer, cuma Lowes dan Andrea Iannone dari Suzuki yang tak punya poin dari dua balapan MotoGP 2017 sejauh ini.



(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed