DetikSport
Kamis 20 April 2017, 14:31 WIB

Awali Musim dengan Mulus, Vinales Bahkan Balapan Tidak dengan Gaya Idealnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Awali Musim dengan Mulus, Vinales Bahkan Balapan Tidak dengan Gaya Idealnya Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
FOKUS BERITA: MotoGP Austin
Austin - Maverick Vinales mengawali MotoGP musim ini dengan baik lewat dua kemenangan di dua seri. Itupun rider Movistar Yamaha tersebut tak balapan dengan gaya aslinya.

Vinales memulai debutnya di Yamaha dengan cemerlang, memenangi seri pembuka di Qatar dan diikuti kemenangan di Argentina. Yang mengesankan adalah dua kemenangan itu dipetik lewat balapan yang dominan.

Di kedua seri tersebut, Vinales hampir tak tersentuh sama sekali setelah memimpin balapan. Di Argentina, dia bahkan finis nyaris tiga detik di depan rekan setimnya, Valentino Rossi, yang jadi runner-up.

Kepala Mekanik Ramon Forcada menyebut bahwa sebenarnya Vinales tampil tidak dengan gaya kesukaannya, yakni mengerem sedekat mungkin dengan tikungan. Pebalap 22 tahun itu 'terpaksa' mengubah gaya untuk memaksimalkan kemampuan YZR-M1 di tikungan, yang terbukti tak merugikan sejauh ini.

Forcada mengakui kini Vinales cenderung melakukan balapan seperti Jorge Lorenzo, yang telah hijrah ke Ducati. Lorenzo sendiri dikenal sebagai pebalap yang presisi dan amat konsisten di tikungan.

"Dia ingin mengerem lebih belakangan dan lebih keras, dan membelok dengan lebih cepat, seperti yang motor Honda bisa lakukan. Tapi dia sadar bahwa dengan motor ini itu tidak dimungkinkan, jadi dia sedikit meniru apa yang dulu Jorge lakukan," kata Forcada dikutip Motorsport.

"Sekarang dia lebih cepat di tikungan ketimbang ketika masih di Suzuki. Motor Yamaha didesain untuk mengambil keuntungan di sana, motornya sangat stabil di bagian belakang dan punya banyak traksi di jalur keluar tikungan."

"Bukan berarti dia menyukai itu, tapi begitulah cara kerja motornya," tambah pria yang sebelumnya jadi mekanik Lorenzo ini.
(raw/krs)

FOKUS BERITA: MotoGP Austin
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed