DetikSport
Jumat 05 Mei 2017, 13:34 WIB

Jelang MotoGP Spanyol

Perayaan-perayaan di Jerez: Main Boling, Nyemplung Kolam, Masuk Toilet

Doni Wahyudi - detikSport
Perayaan-perayaan di Jerez: Main Boling, Nyemplung Kolam, Masuk Toilet Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
FOKUS BERITA: Jerez Milik Pedrosa
Jakarta - Valentino Rossi pernah main boling di Sirkuit Jerez saat merayakan kemenanganya di sana. Sementara Jorge Lorenzo nyemplung ke kolam air.

MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez merupakan salah satu seri paling bersejarah. Karenanya kemenangan di sana menjadi sebuah capaian spesial buat semua rider.

Mungkin karena alasan itu beberapa pebalap melakukan perayaan yang tak biasa di sana. Salah satu yang paling nyeleneh adalah Valentino Rossi. The Doctor malah sudah melakukannya sebelum dia naik ke kelas primer (500cc dan MotoGP).

Pada musim 1999, Rossi muda (baru 20 tahun) berhasil jadi juara di Jerez ketika berlaga di kelas 250cc. Rossi merayakan kemenangan pertamanya di tahun 1999 tersebut dengan cara yang mengejutkan banyak orang.

Saat melakukan victory lap, Rossi berhenti di sala satu titik. Dia memarkir motor Aprilianya di sana dan langsung menuju sebuah toilet portable yang tak jauh dari sana. Di awal meroketnya karier dia ketika itu, perayaan ini menjadi salah satu yang paling ikonik.

Perayaan-perayaan di Jerez: Main Boling, <i>Nyemplung</i> Kolam, Sampai Masuk ToiletValentino Rossi masuk toilet untuk merayakan kemenangannya di Jerez tahun 1999 (Foto: ist (Pinterest)).


Rossi mengulang gaya perayaan masuk toilet tersebut 10 tahun berselang. Bersama Yamaha di musim 2009 dia menjadi pebalap tercepat dan berhak atas podium teratas. Rossi sekali lagi memarkir motornya di tepi lintasan dan menuju toilet yang berada dekat sana.

Masih soal Rossi, dia punya perayaan unik lain di Jerez pada 2007 yakni dengan bermain boling.

Usai menjalani victory lap, dia berhenti di salah satu sisi lintasan. Di sana beberapa krunya sudah bersiap dengan menggunakan pakaian yang mirip dengan pin boling. Berdiri di atas rumput pin-pin tersebut berjatuhan setelah Rossi melempar bola boling imajiner.



Perayaan paling gila di Jerez adalah yang dilakukan Jorge Lorenzo di musim 2010. Usai menjadi juara, Lorenzo memarkir motornya di salah satu sisi lintasan dan langsung berlari menuju kolam air yang ada dekat di sana. Tanpa ragu rider Spanyol itu nyemplung ke kolam, yang belakangan dia sesali karena ternyata sulit keluar dari kolam dalam kondisi pakaian basah.

Perayaan-perayaan di Jerez: Main Boling, <i>Nyemplung</i> Kolam, Sampai Masuk ToiletJorge Lorenzo harus mendapat bantuan untuk keluar dari kolam (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)


"Saya melihat kolam itu pada Kamis dan saya pikir akan luju jika saya melompat ke dalamnya dan saya pikir fans akan suka. Tapi saya tidak berpikir berapa berat beban yang akan saya rasakan dengan memakai jaket kulit basah, dan untuk beberapa waktu saya berpikir kalau saya tidak akan bisa keluar dari sana," seloroh Lorenzo saat itu.

Setahun berselang Lorenzo kembali masuk ke kolam air saat melakukan perayaan kemenangan di Jerez. Tapi kali ini dia tak sengaja melakukannya. Saat sepertinya akan berlari menuju pendukungnya, Lorenzo melewati pinggiran kolam yang licin. Dia kehilangan keseimbangan dan tercebur di sana.


(din/mrp)

FOKUS BERITA: Jerez Milik Pedrosa
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed