DetikSport
Senin 08 Mei 2017, 03:39 WIB

Perjudian Rossi Berakhir Tak Menyenangkan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Perjudian Rossi Berakhir Tak Menyenangkan Foto: Getty Images Sport/Dan Istitene
FOKUS BERITA: Jerez Milik Pedrosa
Jerez de la Frontera - Sudah lama sejak Valentino Rossi terakhir kali finis amat buruk di balapan kering. Rider Movistar Yamaha itu mengakui ada isu serius dan melakukan perjudian.

Rossi menuntaskan balapan MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017) malam WIB di posisi 10. Start dari posisi tujuh, pebalap 38 tahun itu sempat mencoba merangsek ke depan.

Di putaran keenam, Rossi berada di posisi lima. Tapi mulai putaran ke-10 lajunya berangsur-angsur menurun, hingga akhirnya dilewati sejumlah pebalap dan finis ke-10.

Ini adalah hasil terburuk Rossi di balapan kering sejak balapan di Assen pada 2012 silam. Masalah selip yang menghantui sepanjang akhir pekan gagal diatasi, dengan perjudian mengubah setelan sebelum balapan justru menjadi bencana.

"Akhir pekan yang sangat-sangat sulit dan sejujurnya ini adalah balapan yang sangat berat. Kami tidak memperkirakan ini. Kami memperkirakan untuk tampil lebih tangguh, lebih kompetitif, terutama jika melihat ke hasil-hasil beberapa tahun terakhir di sini," katanya dikutip Crash.

"Kami selalu sangat kesulitan dengan selip yang terjadi saat akselerasi. Itu adalah masalah utama sepanjang akhir pekan. Untuk balapan, kami coba mengubah keseimbangannya, utamanya karena kami sempat khawatir dengan daya tahan ban belakang medium."

"Bagaimanapun, ban hard mustahil untuk digunakan. Kami sudah mencoba untuk mengurangi selipnya. Pada akhirnya malah lebih buruk. Saya kehilangan kenyamanan di bagian depan. Juga sangat sulit untuk pengereman, untuk masuk tikungan di semua titik yang di sesi latihan sebelumnya yang mana saya lebih baik," imbuhnya.

Selain problem selip yang membuat ban pada prosesnya tergerus dengan cepat, Rossi juga merasakan ada getaran dari sisi kiri ban. Kini juara dunia sembilan kali itu berharap bisa menemukan penyelesaian di sesi tes.

"Pada akhirnya kami tidak memperbaiki selipnya dan mungkin justru membuatnya makin buruk. Selama enam atau tujuh putaran terakhir, terutama di kiri, saya mulai mengalami getaran yang sangat besar," sambung Rossi.

"Saya harus mulai memperlambat laju tiga detik per putaran. Pada akhirnya saya beruntung bisa tiba di garis finis. Kami harus mencoba memahami situasi ini."

"Kami harus mencoba membuat situasi lebih baik. Besok kami akan menjalani tes. Mungkin akan ada sesuatu yang menarik untuk mencoba memahami motor lebih baik, jadi kami bisa lebih tangguh dan kompetitif untuk Le Mans," demikian pria asal Italia ini.
(raw/cas)
FOKUS BERITA: Jerez Milik Pedrosa
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed