DetikSport
Senin 08 Mei 2017, 12:18 WIB

Sensasi Zarco: Melibas Vinales, Crutchlow, Iannone, dan Marquez

Doni Wahyudi - detikSport
Sensasi Zarco: Melibas Vinales, Crutchlow, Iannone, dan Marquez Johann Zarco melesat di Sirkuit Jerez dalam gelaran MotoGP Spanyol (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FOKUS BERITA: Jerez Milik Pedrosa
Jerez - Johann Zarco terus melanjutkan sensasinya. Finis keempat di MotoGP Spanyol, dia menjalani balapan brilian setelah melewati rider-rider papan atas di awal race.

Meski menjadi salah satu rookie di musim 2017, Zarco kini sudah terbiasa bersaing di barisan depan motoGP. Setelah debut yang mengejutkan di Qatar dan performa stabil di Argentina dan Austin, malam tadi dia tampil gemilang di MotoGP Spanyol.

Memang, rider 26 tahun itu belum bisa naik podium karena 'cuma' finis keempat di Jerez. Tapi di awal balapan Zarco menunjukkan kalau potensi dia memang sangat besar.

Memulai balapan di posisi enam, Zarco sempat melesat naik hingga urutan dua. Dalam perjalanannya itu dia berhasil menyalip Maverick Vinales, mendahului Carl Crutchlow, melewati Andrea Iannone, dan mengasapi Marc Marquez.

Crash menyebut kalau serangkaian aksi tersebut dilakukan Zarco hanya dalam periode empat lap saja.

"Sedari awal saya merasa bagus dan saya melihat lawan-lawan kesulitan dengan grip belakang saat keluar (dari tikungan) dan akselerasi. Saya merasa lebih baik saat itu dan saya tak mau kehilangan waktu," ucapnya usai balapan.

"Bahkan ketika berada di posisi dua saya punya kecepatan yang bagus dan bisa mengikuti Dani (Pedrosa). Dia sudah agak jauh, tapi saya tetap mencoba (mengejar). Saya nyaris jatuh dua kali, Marc mendahului saya setelah melewati dua momen mengerikan itu, dan setelah itu sulit untuk mengikuti Honda," lanjut dia.

Sensasi Zarco: Melibas Rossi, Crutchlow, Iannone, dan MarquezJohann Zarco mencoba menjaga keseimbangan di atas motornya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)


Usai disalip Marquez, Zarco berpeluang finis di urutan tiga. Namun dia gagal mempertahankan posisi tersebut karena disalip Jorge Lorenzo. Zarco masih gagal meraih podium pertamanya musim ini.

"Saya berada di posisi tiga cukup lama dan mencoba menjaga catatan waktu dan kondisi ban. Saat Jorge mendahului, saya berharap bisa bertarung dengannya hingga lap terakhir. Tapi (ternyat) tidak. Di delapan lap terakhir dia lebih baik dalam akselerasi dan saat Anda kalah beberapa meter dalam kondisi ini, sangat sulit untuk mengejar kembali," terangnya.




Fakta menarik terkait Zarco di MotoGP Spanyol kemarin adalah dia menjadi pebalap Yamaha di posisi teratas. Meski 'hanya' membela Monster Yamaha Tech 3, dia mengalahkan Maverick Vinales yang finis keenam dan Rossi di urutan 10.

[Baca Juga: Hasil MotoGP Spanyol]
(din/fem)

FOKUS BERITA: Jerez Milik Pedrosa
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed