DetikSport
Rabu 10 Mei 2017, 09:03 WIB

Usai Jajal Lagi Ban Rancangan 2016, Lorenzo: Malah Lebih Buruk

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Usai Jajal Lagi Ban Rancangan 2016, Lorenzo: Malah Lebih Buruk Pebalap Ducati Jorge Lorenzo dalam tes motogp di sirkuit Jerez. (Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp)
Jerez - Di tes MotoGP Jerez kemarin Michelin membawa ban konstruksi 2016 untuk dijajal para pebalap. Jorge Lorenzo tak menyukainya.

Ban yang dibawa Michelin itu adalah tipe ban yang pada November lalu sudah dicoba di Valencia, namun kemudian tak dilanjutkan pengembangannya di pramusim. Ban itu dimunculkan kembali saat ini karena sejumlah pebalap sebelumnya mengeluhkan konstruksi ban musim ini yang cenderung lebih lunak.

Hal itu membuat sebagian pebalap bermasalah dengan pengereman. Di antara pebalap yang sejak awal menginginkan untuk menjajal kembali ban 2016 ini adalah Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow.

Nah setelah menjajal lagi ban itu, Lorenzo mengaku justru membuat lajunya lebih lambat. Daya cengkeramnya disebut pebalap Ducati itu lebih buruk.

Sementara rider Repsol Honda Marc Marquez mengatakan sebaliknya, karena ban 2016 itu memberikannya kestabilan yang lebih baik saat pengereman.

"Tidak ada perbedaan besar, tapi lebih buruk dari yang sekarang ini. Ban yang ini menawarkan daya cengkeram yang lebih kecil ketika membelok. Pada akhirnya saya lebih lambat ketika menggunakannya," kata Lorenzo dikutip GPOne.

"Kalau mayoritas pebalap memilihnya, maka oke saja. Tapi tidak kalau pemakaian ban berubah hanya karena satu atau dua pebalap memintanya."

"Kalau begitu masalahnya, akan lebih baik lanjut dengan ban yang sekarang dan fokus pada sebuah ban baru yang disukai semua orang," tambahnya.
(raw/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed