DetikSport
Rabu 17 Mei 2017, 15:29 WIB

Sirkuit MotoGP Akan Dibangun di Mandalika

Hendra Kusuma - detikSport
Sirkuit MotoGP Akan Dibangun di Mandalika Foto: Kurnia Yustiana
Jakarta - Mandalika, Nusa Tenggara Barat, diproyeksikan memiliki sirkuit MotoGP di masa depan, terkait dengan pengembangan pariwisata setempat.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer. ITDC juga merupakan pengelola dan pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika -- kawasan yang berbasis pariwisata.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk investasi di KEK Mandalika dilakukan hari Rabu (17/5/2017) ini dan disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

"ITDC adalah BUMN yang bergerak di bidang pariwisata, jadi pengembangan pariwisata kelas dunia, yaitu di Mandalika, salah satu dari 4 KEK pariwisata, jadi ada 1.500 kamar hotel akan delivery 2019," kata Abdulbar di Graha Sawala Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

ITDC juga telah menandatangani MOU dengan Vinci Construction, BUMN konstruksi dari Perancis, untuk pembangunan Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektar, yang berisikan sirkuit balap kelas dunia, convention center, dan tujuh hotel.

"Jadi ada 7 hotel dibangun semua di tahun ini, deliver 2019-2020. Kami sangat dukung program pemerintah utamakan pariwisata unggulan. 2019 ada 7 hotel dengan 2.000 kamar lebih. Rencana 10 ribu bisa 5 tahun ke depan, tapi jangka pendek 2 tahun 1.500 kamar. Mudah-mudahan MotoGP jadi destinasi kita," jelasnya.

Indonesia sendiri akan mulai menggelar seri balapan MotoGP pada tahun 2018 mendatang, dengan sirkuit di Palembang bakal menghajat balapan tersebut.

Selain itu, pemerintah saat ini juga sudah memberikan rekomendasi pembangunan sirkuit berskala internasional di Lido, Sukabumi, Jawa Barat, kendatipun pembangunan tersebut ditegaskan tidak bakal berpengaruh ke penyelenggaraan MotoGP 2018 di sirkuit Palembang.




(mkj/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed