DetikSport
Rabu 17 Mei 2017, 16:43 WIB

Statistik MotoGP Prancis

Kris Fathoni W - detikSport
Statistik MotoGP Prancis MotoGP Prancis 2016 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FOKUS BERITA: MotoGP Prancis
Jakarta - MotoGP Prancis akan dihelat pada akhir pekan di Sirkuit Le Mans -- seri balapan kelima di MotoGP 2017. Berikut statistik seputar balapan tersebut.

Sudah empat seri balapan kelas primer berlangsung sejauh ini; Losail, Argentina, Austin, dan Jerez. Hasil-hasil di balapan tersebut memunculkan Valentino Rossi sebagai pemuncak klasemen sementara.

Pun begitu, rider Movistar Yamaha tersebut berjarak tidak jauh dari rival-rival terdekatnya. Bahkan cuma ada 10 poin yang memisahkan Rossi dengan Dani Pedrosa (Repsol Honda) di posisi empat.

Ketatnya persaingan di papan atas tersebut turut menjadi cerminan betapa balapan di Le Mans pada akhir pekan bakal berlangsung sengit.

Berikut statistik untuk balapan itu seperti dirangkum MotoGP.com:

- Le Mans sudah menyelenggarakan ajang grand prix dalam 29 kesempatan sebelumnya, termasuk Grand Prix "Vitesse du Mans" pada 1991, yang merupakan satu-satunya tahun di mana dua ajang grand Prix dihelat di Prancis pada tahun yang sama. 2017 adalah tahun ke-18 secara beruntun sirkuit Le Mans pernah menggelar ajang grand prix balap motor.

- Selain Le Mans, sudah ada tujuh sirkuit lain yang pernah menggelar grand prix Prancis: Paul Ricard (13 kali), Clermont-Ferrand (10), Nogaro (2), Reims (2), Rouen (2), Albi (1), Magny-Cours (1).

- Sejak era four stroke MotoGP pada 2002, Honda sudah memiliki tujuh kemenangan di Le Mans, dengan yang terakhir diraih oleh Marc Marquez (Repsol Honda). Yamaha juga punya tujuh kemenangan MotoGP di Le Mans, termasuk dua tahun terakhir.

- Jorge Lorenzo (Ducati) merupakan rider dengan kemenangan Grand Prix terbanyak di Le Mans, setelah enam kali naik podium teratas di sirkuit Prancis itu; satu kemenangan di kelas 250cc plus lima kemenangan MotoGP.

- Di Le Mans tahun lalu, Jorge Lorenzo melewati garis finis 10,654 detik di depan Valentino Rossi.

- Hasil terbaik buat Ducati di sirkuit Le Mans adalah finis kedua buat Loris Capirossi di 2006 dan Valentino Rossi pada 2012.

- Dari 15 balapan MotoGP di Le Mans, sembilan dimulai dalam kondisi basah maupun sempat hujan dalam balapan.

- Johann Zarco adalah rookie di posisi teratas klasemen saat ini pada posisi enam. Ia juga punya poin terbanyak oleh seorang rider Prancis usai empat balapan semenjak 36 poin Randy de Puniet pada 2010.

- Di era MotoGP semenjak 2002, cuma ada enam rookie yang punya poin lebih banyak dari Zarco usai empat balapan awal musim: 2002 - Daijiro Kato, 2003 – Troy Bayliss, 2006 – Dani Pedrosa dan Casey Stoner, 2008 – Jorge Lorenzo, dan 2013 – Marc Marquez.

- Semenjak Regis Laconi pada 1999, baru ada Zarco selaku rider Prancis dengan finis lima besar di tiga balapan beruntun kelas primer.

- Hasil terbaik oleh rider Prancis di Le Mans pada kelas MotoGP adalah posisi empat dari Olivier Jacque pada 2003. Sudah dua kali rider-rider Prancis naik podium di kelas 500cc di Le Mans; Raymond Roche kedua di 1985 dan Christian Sarron ketiga di 1987.

- Cuma ada empat rider yang meraih poin di seluruh empat balapan awal MotoGP 2017: Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), Scott Redding (Octo Pramac Racing), dan Hector Barbera (Reale Avintia Racing).

- MotoGP Spanyol lalu menghadirkan finis 1-2 Honda, pertama kalinya semenjak MotoGP Jerman tahun lalu ketika Marc Marquez mengungguli Cal Crutchlow (LCR Honda).

- Podium Jerez direbut tiga rider Spanyol. Semenjak Valencia 2015, ketika Jorge Lorenzo mengungguli Marc Marquez dan Dani Pedrosa, baru kali ini lagi podium dalam balapan kelas MotoGP didominasi rider Spanyol.

- Di Jerez, Jorge Lorenzo naik podium untuk kali pertama bersama Ducati. Inilah podium pertama Ducati di sirkuit itu semenjak Nicky Hayden finis ketiga pada 2011.

- Tak ada rider Yamaha di atas podium balapan kelas MotoGP di Jerez; kali pertama terjadi semenjak 2006.

- Usai MotoGP Spanyol, Valentino Rossi memimpin klasemen sementara dengan 62 poin. Ini merupakn poin terendah buat seorang rider pemuncak klasemen setelah empat balapan awal, semenjak sistem poin yang berlaku saat ini diperkenalkan pada 1993. Rossi juga menjadi rider pertama yang memimpin klasemen setelah empat seri tanpa memenangi satu balapan pun, semenjak Nicky Hayden melakukannya pada 2006.



(krs/raw)
FOKUS BERITA: MotoGP Prancis
Baca Juga
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • GP Azerbaijan

    Vettel Tak Cukup Senang Start dari Posisi Empat

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 02:00 WIB Driver Ferrari, Sebastian Vettel, menempati posisi start keempat di GP Azerbaijan. Meski menyebutnya sebagai hasil bagus, tapi Vettel tak sepenuhnya senang.
  • Kualifikasi GP Azerbaijan

    Kalahkan Bottas, Hamilton Pole di Baku

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 21:24 WIB Pertarungan sengit terjadi di Kualifikasi GP Azerbaijan antara Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Duel sesama pebalap Mercedes itu dimenangi Hamilton.
  • Kualifikasi MotoGP Belanda

    Zarco Rebut Pole, Marquez Kedua

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 20:18 WIB Kejutan terjadi di kualifikasi setelah Johann Zarco merebut pole position. Dalam meraihnya, pebalap Tech3 itu mengalahkan Marc Marquez dan Danilo Petrucci.
  • Free Practice III GP Azerbaijan

    Bottas Kuasai Sesi Terakhir

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 18:47 WIB Latihan bebas pamungkas menjadi milik Valtteri Bottas. Pebalap Mercedes itu membukukan waktu terbaik di depan kompatriotnya, Kimi Raikkonen, dan Lewis Hamilton.
  • Australia Terbuka Super Series

    Tundukkan Ganda Putra China, Hendra/Tan ke Partai Puncak

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 17:18 WIB Pasangan 'gado-gado' Hendra Setiawan/Tan Boon Heong mengalahkan Liu Cheng/Zhang Nan dalam duel ketat tiga gim. Kemenangan ini mengantarkan mereka ke final.
  • Free Practice III MotoGP Belanda

    Redding Tercepat di Assen yang Basah

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 16:16 WIB Pebalap Pramac Scott Redding menjadi kejutan setelah menguasai latihan bebas ketiga, Sabtu (24/6)/2017). Redding mengalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Hari yang Sangat Sulit untuk Lorenzo

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:52 WIB Sejak awal sesi latihan bebas pertama, Jorge Lorenzo sudah mengalami kejadian tak mengenakkan. Selanjutnya, hari barjalan buruk untuk dia.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Melangkah ke Final

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:59 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto tinggal selangkah dari gelar juara. Ganda campuran Indonesia ini lolos ke final usai menyingkirkan pasangan Korea dua gim langsung.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez: Yamaha Selangkah di Depan

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 11:16 WIB Dari dua sesi latihan bebas pertama MotoGP Belanda, Marc Marquez tak menyangkal kalau Yamaha punya performa lebih baik. Yamaha disebutnya selangkah di depan.
  • Hari Jumat Paling Positif untuk Verstappen

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 08:01 WIB Driver Red Bull, Max Verstappen, menguasai sesi hari Jumat balapan di GP Azerbaijan. Dia menilainya sebagai sesi pertama balapan paling positif tahun ini.
  • Vinales Puas dengan Performa Motor Yamaha

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 01:03 WIB Rider Yamaha, Maverick Vinales, puas dengan penampilan motornya di hari pertama latihan bebas MotoGP Belanda. Tapi, dia merasa masih perlu ada peningkatan.
  • F2

    Sean Gelael: Sirkuit Baku Terlalu Tricky

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 23:02 WIB Sean Gelael menegaskan bahwa mengaspal di Sirkuit Baku City tidaklah mudah. Sirkut yang berada di negara Azerbaijan itu dinilai terlalu tricky.
  • Free Practice II GP Azerbaijan

    Verstappen Kembali yang Tercepat

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 21:50 WIB Max Verstappen menjadi pebalap terdepan di sesi latihan bebas kedua GP Azerbaijan. Dia mengungguli pebalap Mercedes, Valtteri Bottas.
  • Free Practice II MotoGP Belanda

    Vinales Kuasai Latihan Kedua

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 20:11 WIB Maverick Vinales tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas kedua MotoGP Belanda. Rider Movistar Yamaha ini mengungguli Jonas Folger dan Marc Marquez.
  • Free Practice I GP Azerbaijan

    Verstappen Terdepan, Red Bull Rebut Posisi 1-2

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:50 WIB Max Verstappen merebut posisi terdepan di latihan bebas pertama GP Azerbaijan. Red Bull dominan di sesi ini usai Daniel Ricciardo finis kedua.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Lanjut ke Semifinal

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:27 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto mantap ke semifinal. Ganda campuran Indonesia itu tak terlalu kesulitan mengatasi ganda Malaysia Chan Peng Soon/Cheah Yee See.
  • Free Practice I MotoGP Belanda

    Petrucci Jadi yang Tercepat di Latihan Pertama

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 16:20 WIB Latihan pertama MotoGP Belanda memunculkan nama Danilo Petrucci sebagai yang tercepat. Tak ada pebalap tim pabrikan di tiga terdepan pada sesi ini.
  • Rossi Penasaran Jajal Sasis Baru Yamaha di Assen

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 04:50 WIB Valentino Rossi menjajal sasis baru Yamaha di tes Catalunya dan hasilnya dibilang memuaskan. Rossi pun tak sabar mencobanya di Sirkuit Assen akhir pekan ini.
  • Australia Terbuka Super Series

    Tunggal Putra dan Ganda Putra Indonesia Habis

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 15:39 WIB Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie tak mampu mengimbangi keperkasaan pebulutangkis top China, Lin Dan di dalam pertandingan babak kedua.
  • [Kuis] Sirkuit MotoGP Apakah Ini?

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 13:01 WIB Sirkuit Assen yang menggelar MotoGP di akhir pekan ini merupakan salah satu trek paling tua di dunia. Bisakah kamu mengenali trek MotoGP lain dari masa ke masa?
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez Kejar Podium Assen

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 11:49 WIB Marc Marquez sudah tak sabar melaju di Assen setelah apa yang terjadi dalam balapan di Catalunya lalu. Podium MotoGP Belanda jadi target minimalnya.
  • FIA: Ada Beberapa Tim yang Ingin Gabung F1

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 07:48 WIB Ajang balap Formula 1 saat ini tercatat diikuti paling sedikit tim sejak satu windu silam. Ada beberapa tim yang diklaim akan bergabung musim depan.