DetikSport
Rabu 17 Mei 2017, 16:43 WIB

Statistik MotoGP Prancis

Kris Fathoni W - detikSport
Statistik MotoGP Prancis MotoGP Prancis 2016 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FOKUS BERITA: MotoGP Prancis
Jakarta - MotoGP Prancis akan dihelat pada akhir pekan di Sirkuit Le Mans -- seri balapan kelima di MotoGP 2017. Berikut statistik seputar balapan tersebut.

Sudah empat seri balapan kelas primer berlangsung sejauh ini; Losail, Argentina, Austin, dan Jerez. Hasil-hasil di balapan tersebut memunculkan Valentino Rossi sebagai pemuncak klasemen sementara.

Pun begitu, rider Movistar Yamaha tersebut berjarak tidak jauh dari rival-rival terdekatnya. Bahkan cuma ada 10 poin yang memisahkan Rossi dengan Dani Pedrosa (Repsol Honda) di posisi empat.

Ketatnya persaingan di papan atas tersebut turut menjadi cerminan betapa balapan di Le Mans pada akhir pekan bakal berlangsung sengit.

Berikut statistik untuk balapan itu seperti dirangkum MotoGP.com:

- Le Mans sudah menyelenggarakan ajang grand prix dalam 29 kesempatan sebelumnya, termasuk Grand Prix "Vitesse du Mans" pada 1991, yang merupakan satu-satunya tahun di mana dua ajang grand Prix dihelat di Prancis pada tahun yang sama. 2017 adalah tahun ke-18 secara beruntun sirkuit Le Mans pernah menggelar ajang grand prix balap motor.

- Selain Le Mans, sudah ada tujuh sirkuit lain yang pernah menggelar grand prix Prancis: Paul Ricard (13 kali), Clermont-Ferrand (10), Nogaro (2), Reims (2), Rouen (2), Albi (1), Magny-Cours (1).

- Sejak era four stroke MotoGP pada 2002, Honda sudah memiliki tujuh kemenangan di Le Mans, dengan yang terakhir diraih oleh Marc Marquez (Repsol Honda). Yamaha juga punya tujuh kemenangan MotoGP di Le Mans, termasuk dua tahun terakhir.

- Jorge Lorenzo (Ducati) merupakan rider dengan kemenangan Grand Prix terbanyak di Le Mans, setelah enam kali naik podium teratas di sirkuit Prancis itu; satu kemenangan di kelas 250cc plus lima kemenangan MotoGP.

- Di Le Mans tahun lalu, Jorge Lorenzo melewati garis finis 10,654 detik di depan Valentino Rossi.

- Hasil terbaik buat Ducati di sirkuit Le Mans adalah finis kedua buat Loris Capirossi di 2006 dan Valentino Rossi pada 2012.

- Dari 15 balapan MotoGP di Le Mans, sembilan dimulai dalam kondisi basah maupun sempat hujan dalam balapan.

- Johann Zarco adalah rookie di posisi teratas klasemen saat ini pada posisi enam. Ia juga punya poin terbanyak oleh seorang rider Prancis usai empat balapan semenjak 36 poin Randy de Puniet pada 2010.

- Di era MotoGP semenjak 2002, cuma ada enam rookie yang punya poin lebih banyak dari Zarco usai empat balapan awal musim: 2002 - Daijiro Kato, 2003 – Troy Bayliss, 2006 – Dani Pedrosa dan Casey Stoner, 2008 – Jorge Lorenzo, dan 2013 – Marc Marquez.

- Semenjak Regis Laconi pada 1999, baru ada Zarco selaku rider Prancis dengan finis lima besar di tiga balapan beruntun kelas primer.

- Hasil terbaik oleh rider Prancis di Le Mans pada kelas MotoGP adalah posisi empat dari Olivier Jacque pada 2003. Sudah dua kali rider-rider Prancis naik podium di kelas 500cc di Le Mans; Raymond Roche kedua di 1985 dan Christian Sarron ketiga di 1987.

- Cuma ada empat rider yang meraih poin di seluruh empat balapan awal MotoGP 2017: Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), Scott Redding (Octo Pramac Racing), dan Hector Barbera (Reale Avintia Racing).

- MotoGP Spanyol lalu menghadirkan finis 1-2 Honda, pertama kalinya semenjak MotoGP Jerman tahun lalu ketika Marc Marquez mengungguli Cal Crutchlow (LCR Honda).

- Podium Jerez direbut tiga rider Spanyol. Semenjak Valencia 2015, ketika Jorge Lorenzo mengungguli Marc Marquez dan Dani Pedrosa, baru kali ini lagi podium dalam balapan kelas MotoGP didominasi rider Spanyol.

- Di Jerez, Jorge Lorenzo naik podium untuk kali pertama bersama Ducati. Inilah podium pertama Ducati di sirkuit itu semenjak Nicky Hayden finis ketiga pada 2011.

- Tak ada rider Yamaha di atas podium balapan kelas MotoGP di Jerez; kali pertama terjadi semenjak 2006.

- Usai MotoGP Spanyol, Valentino Rossi memimpin klasemen sementara dengan 62 poin. Ini merupakn poin terendah buat seorang rider pemuncak klasemen setelah empat balapan awal, semenjak sistem poin yang berlaku saat ini diperkenalkan pada 1993. Rossi juga menjadi rider pertama yang memimpin klasemen setelah empat seri tanpa memenangi satu balapan pun, semenjak Nicky Hayden melakukannya pada 2006.



(krs/raw)
FOKUS BERITA: MotoGP Prancis
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed