DetikSport
Kamis 18 Mei 2017, 09:18 WIB

Masalah Rem Menghambat Ducati Tampil Oke

Randy Prasatya - detikSport
Masalah Rem Menghambat Ducati Tampil Oke Pebalap Ducati Andrea Dovizioso (Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp)
Bologna - Ducati dalam beberapa musim terakhir sulit tampil oke. Menurut Andre Dovizioso, itu terjadi karena masalah pengereman di motor mereka.

Diperkuat juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo dan Dovizioso, Ducati belum menunjukan tanda-tanda sebagai penantang tim Honda dan Yamaha musim ini. Motor pabrikan asal Italia itu sering gagal jadi yang terdepan dalam empat balapan terakhir.

Pencapaian terbaik Ducati musim ini hanya Dovisiozo finis kedua Qatar dan Lorenzo naik podium ketiga di Spanyol dua pekan lalu. Selebihnya Ducati sulit bersaing di mana Dovizioso dan Lorenzo sempat gagal finis di empat balapan awal ini.

Terkait belum okenya performa Ducati ini, Dovizioso mengaku memang masih ada persoalan pada masalah pengereman. Dengan kekuatan besar pada motornya, tentu dibutuhkan pengereman yang baik terutama di tikungan.

Apalagi musim ini MotoGP menggandeng Michelin dan bukan lagi Bridgestone sebagai pemasok ban.

"Pengereman terbaik? Saat itu iya (pada 2013), motor itu benar-benar bagus untuk pengereman, tapi tidak bagus untuk di tikungan. Jadi kami lebih banyak bekerja dan kami memperbaikinya dan banyak perubahan, tapi kami sedikit kehilangan stabilitas pengereman," kata Dovizioso dalam wawancara dengan Crash.

Setelah tahu sulitnya pengereman Ducati, Dovizioso pun mulai mengeksplorasi berbagai cara untuk mengatasinya. Dia mengaku harus bergerak cepat untuk menikung supaya tidak terjatuh.

"Banyak hal di garis lintasan, karena ketika Anda sampai di belokan, Anda harus beradaptasi mencoba menikung secepat mungkin. Jika motor tidak berbelok Anda tidak bisa mengerem, melebar dan berbalik sangat cepat," tambahnya.

"Jadi Anda harus memotong di tikungan. Anda harus masuk secepatnya dan sayangnya Anda tidak bisa dengan sempurna. Kami punya akselerasi yang bagus, tapi itulah kompromi terbaik bagi kami," tutup pebalap asal Italia itu



(mrp/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed