DetikSport
Senin 22 Mei 2017, 14:05 WIB

Beda Nasib Vinales dan Rossi dalam Kemenangan ke-500 Yamaha

Kris Fathoni W - detikSport
Beda Nasib Vinales dan Rossi dalam Kemenangan ke-500 Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi di Le Mans 2017 (Foto: AFP PHOTO / GUILLAUME SOUVANT)
FOKUS BERITA: MotoGP Prancis
Le Mans - Kemenangan ke-500 di kejuaraan dunia balap motor grand prix diukir Yamaha di Le Mans ketika dua rider utamanya, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, bernasib beda.

Dengan Rossi dan Vinales tampak tangguh dalam balapan Minggu (21/5/2017) kemarin, pada satu titik Yamaha sempat terlihat akan merangkai podium 1-2 di Le Mans, lewat aksi rider-rider Movistar Yamaha tersebut.

Akan tetapi, Rossi pada akhirnya justru terjatuh dari motor sehingga gagal finis. Pada prosesnya si Italiano bahkan harus kehilangan tempat sebagai pemuncak klasemen sementara dan tergeser ke posisi tiga.

Beda lagi dengan Vinales. Rider Spanyol yang menjalani musim pertamanya di tim pabrikan Yamaha itu melaju terus untuk naik podium teratas Le Mans, dengan tambahan 25 poin juga membuatnya kini berada di puncak klasemen sementara MotoGP.

Hasil itu sendiri sekaligus memberikan Yamaha kemenangan ke-500, dengan rincian 125cc (47 kemenangan), 250cc (165 kemenangan), 350cc (63 kemenangan), 500cc (120 kemenangan), dan MotoGP (105 kemenangan).

"500 kemenangan adalah sebuah pencapaian luar biasa dan itu merupakan hasi dari sebuah kerja luar biasa, teknologi, dan determinasi profesional. Jangan lupa: kalian ada di sana untuk menang!" ujar Giacomo Agostini, salah satu legenda grand prix yang pernah jadi bintang Yamaha, seperti dilansir MNCNews.com.

"Selamat buat Yamaha atas kemenangan ke-500 dalam balapan grand prix. Saya amat bangga dan terhormat sudah pernah membalap dengan Yamaha selama 12 tahun dalam karier panjang saya selama 15 tahun," kata Carlos Lavado, mantan rider Yamaha lain.

"Menjadi seorang pemenang seri balapan grand prix merupakan tujuan utama buat seorang road racer dan punya 500 kemenangan merupakan hal luar biasa. Saya amat bangga sudah bisa menjadi bagiannya," ucap Wayne Rainey, juara dunia tiga kali kelas primer dengan seluruh titel tersebut diraihnya bersama Yamaha.



(krs/mrp)

FOKUS BERITA: MotoGP Prancis
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed