DetikSport
Senin 12 Juni 2017, 11:22 WIB

Drama Besar di Catalunya untuk Vinales

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Drama Besar di Catalunya untuk Vinales Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
Catalunya - Bagi Maverick Vinales, balapan MotoGP Catalunya bak drama besar untuknya. Rider Movistar Yamaha itu dibuat heran dengan laju motornya yang tak seperti biasanya.

Vinales menjalani balapan yang sulit di sirkuit Catalunya, Minggu (11/6/2017) malam WIB. Kesulitan dengan masalah daya cengkeram sejak sesi latihan, pebalap 22 tahun itu akhirnya cuma finis di posisi 10.

Sepanjang balapan pebalap 22 tahun itu bahkan kesulitan menyerang para pebalap di depannya. Sempat turun ke posisi 16, Vinales pada akhirnya mendapatkan keuntungan usai sejumlah pebalap lain mengalami problem atau terjatuh.

"Motor kami bagus. Itu yang bisa saya katakan. Motornya bagus di Qatar, Argentina juga bagus. Semua balapan, sasis kami, tidak ada masalah. Problemnya bukan motor," katanya dikutip Motorsport.

"Dari posisi pertama, sampai sempat ke posisi 16 adalah drama besar untuk saya. Karena saya pulang, saya tak tahu apa yang sebenarnya terjadi, saya tak benar-benar termotivasi dan saya harus melakukan banyak balapan," imbuhnya.

Problem serupa dialami para pebalap dari tim-tim lain juga, tapi Yamaha lebih kesulitan karena tak menjalani tes di sana seperti Honda dan Ducati pada bulan lalu. Tim pabrikan Ducati sukses menempatkan Andrea Dovizioso sebagai juara dan Jorge Lorenzo di posisi empat, sementara Repsol Honda punya Marc Marquez dan Dani Pedrosa di posisi 2-3.

Vinales keheranan karena dia tak bisa mencatatkan putaran terbaiknya secara konsisten seperti di sirkuit-sirkuit lainnya. Hanya sekali dia menembus kisaran satu menit 46 detik yakni di putaran ketiga, selebihnya ada di kisaran satu menit 47 detik dan di fase akhir turun ke satu menit 48 detik.

"Bagi saya ini adalah drama besar di pikiran saya sekarang, karena saya tak tahu apa yang saya salah lakukan. Saya melakukan hal yang sama dengan di Qatar, Argentina, dan balapan-balapan lain. Saya membalap dengan cara yang sama," ujarnya.

"Tim juga tak mengerti apa yang terjadi hari ini. Di Argentina saya mencatatkan satu menit 39,7 detik di sesi pemanasan, lalu satu menit 39,6 detik di balapan. Mugello saya mencatatkan satu menit 47,2 detik di pemanasan, lalu satu menit 47,6 detik di balapan."

"Di sini, saya mencatatkan satu menit 46,1 detik di pemanasan dan cuma sekali mencatatkan waktu serupa di balapan. Satu kali. Itu sesuatu yang menakjubkan," tandasnya.

Meski gagal memetik hasil bagus, tambahan enam poin masih cukup berharga untuk Vinales. Dia masih memimpin klasemen kejuaraan dunia dengan nilai 111, unggul tujuh angka dari Andrea Dovizioso di posisi dua.
(raw/krs)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed