DetikSport
Jumat 30 Juni 2017, 04:33 WIB

Di MotoGP Jerman, Race Director Bisa Kirim Pesan ke Rider Lewat Panel Instrumen

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Di MotoGP Jerman, Race Director Bisa Kirim Pesan ke Rider Lewat Panel Instrumen Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
FOKUS BERITA: MotoGP Jerman 2017
Sachsenring - MotoGP Jerman akan menandai balapan pertama di mana Race Director bisa berkomunikasi langsung dengan para pebalap, lewat panel instrumen di motor.

Para pebalap MotoGP akan beradu kecepatan di Sachsenring akhir pekan ini. Balapan ini sekaligus bisa menjadi tonggak perubahan di ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

Mulai seri Jerman ini, nantinya Race Director bisa mengirimkan pesan-pesan tertentu terkait balapan ke para pebalap. Pebalap bisa langsung membacanya lewat layar instrumen di atas motor.

Race Director bisa mengirimkan tujuh pesan seperti bendera merah, bendera hitam, bendera hitam dengan lingkaran jingga, turun posisi, penalti ride through, peringatan batas lintasan, dan bendera biru. Pesan-pesan ini akan dikirimkan lewat kode tertentu.

Di MotoGP Jerman, <i>Race Director</i> Bisa Kirim Pesan ke <i>Rider</i> Lewat Panel InstrumenFoto: gpone.com


Sistem ini sudah diujicoba sejak tahun lalu dan terus dites di sesi-sesi latihan bebas musim ini. Nantinya tak cuma Race Director yang bisa berkomunikasi dengan para pebalap, tapi juga tim-tim.

Mulai 2018, tim-tim bisa mengirimkan pesan seperti tanda pergantian motor atau jarak dengan pebalap lain. Tapi untuk saat ini, khususnya di Sachsenring, mereka baru dipersilakan mengujinya dan memilih antara sesi kualifikasi dan balapan.

Ide pesan lewat panel instrumen ini membuat penggunaan papan pit boleh jadi nantinya takkan digunakan lagi. Sejauh ini papan pit masih jadi satu-satunya cara kru tim untuk mengirim pesan ke pebalap.
(raw/cas)

FOKUS BERITA: MotoGP Jerman 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed