DetikSport
Minggu 02 Juli 2017, 23:01 WIB

Target Terpenuhi, Marquez Optimistis Tatap Paruh Kedua Musim

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Target Terpenuhi, Marquez Optimistis Tatap Paruh Kedua Musim Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
FOKUS BERITA: MotoGP Jerman 2017
Hohenstein-Ernstthal - Marc Marquez memang menargetkan kemenangan di MotoGP Jerman. Target itu terpenuhi dan kini rider Repsol Honda tersebut memimpin klasemen kejuaraan dunia.

Marquez tampil sebagai juara di sirkuit Sachsenring, Minggu (2/7/2017) malam WIB. Balapan bisa dibilang berjalan nyaman untuknya karena minim serangan dari pebalap lainnya.



Selepas start, Marquez mempertahankan posisi terdepan dan sempat dilewati rider Monster Yamaha Tech3 Jonas Folger di putaran keenam. Tapi kemudian Folger melakukan kesalahan-kesalahan dan membuka jalan untuk Marquez kembali ke posisi terdepan.

Folger jadi satu-satunya pebalap yang bisa menguntit Marquez, tapi pada akhirnya gagal menantang juara dunia MotoGP tiga kali itu. Marquez pun memetik kemenangan keduanya di musim ini, memimpin klasemen dengan nilai 129.

Hasil ini membuatnya optimistis menatap paruh kedua musim. Kini para pebalap akan menjalani jeda sebulan sebelum balapan berikutnya di Brno, Republik Ceko, yang kebetulan jadi lokasi tes Honda akhir bulan ini.

"Di Assen (seri sebelumnya) itu targetnya berbeda, untuk mencoba finis di podium. Dan mungkin di Assen kalau mengambil lebih banyak risiko kami mampu bersaing untuk kemenangan, tapi di sana ada terlalu banyak risiko," kata Marquez dikutip Crash.

"Di sini targetnya adalah mencoba menang. Kami tahu bahwa kami akan sampai di Brno, kami punya tes di sana, jadi kami akan mencoba untuk kembali lagi di podium."

"Kami tahu bahwa di Austria (setelah Ceko) mungkin akan lebih kesulitan. Tapi kejuaraan ini sangat panjang dan juga bisa jadi ada hujan, tapi kami juga sangat cepat tahun ini dan merasa dalam kondisi bagus dan ini penting," imbuh pebalap 24 tahun ini.

Meski memimpin klasemen, Marquez sadar posisinya jauh dari kata aman. Musim ini balapan sudah amat sulit ditebak dari seri ke seri dan dia hanya unggul lima angka dari pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales.

Satu hal yang membuat Marquez percaya diri adalah RC213V tak pernah jauh-jauh dari pebalap terdepan di situasi yang sulit sekalipun. Posisi terburuknya sejauh ini adalah posisi enam di Italia.

"Hal terpentingnya bagi saya adalah di semua kondisi kami selalu ada di persaingan dan levelnya tak pernah turun jauh. Jadi ini yang paling penting dan menyenangkan bisa menuju liburan dengan memimpin klasemen. Cuma lima poin sih, tapi lebih baik lima poin memimpin daripada ketinggalan," tandasnya.
(raw/cas)

FOKUS BERITA: MotoGP Jerman 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed