DetikSport
Minggu 06 Agustus 2017, 20:02 WIB

MotoGP Ceko

Marquez Berjaya di Brno, Honda Finis 1-2

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Marquez Berjaya di Brno, Honda Finis 1-2 Marc Marquez memenangi MotoGP Ceko 2017 (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Brno - Repsol Honda berjaya di MotoGP Ceko dengan Marc Marquez sebagai pemenang balapan. Marquez menggunguli rekan setimnya Dani Pedrosa dan Maverick Vinales.

Dengan kemenangan ketiganya musim ini atau yang kedua beruntun sejak Jerman bulan lalu, Marquez kokoh di puncak klasemen dengan 154 poin selepas 10 balapan berlalu.

Juara dunia musim lalu itu unggul 14 angka dari Vinales di posisi kedua dengan 140 poin, lalu ada Andrea Dovizioso di posisi ketiga dengan 133 poin, Valentino Rossi di posisi keempat dengan 132 poin, dan Pedrosa di posisi kelima dengan 123 poin.



Jalannya Balapan

Balapan di sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017) malam WIB dimulai, Marquez yang memegang pole langsung melesat dan Lorenzo yang start dari posisi keenam menyalip dari sisi kanan untuk berada di posisi kedua. Di belakang Lorenzo dan Marquez, ada Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, dan Maverick Vinales.

Belum selesai lap pertama berlalu, Lorenzo menyalip Marquez di tikungan kelima untuk memimpin balapan setidaknya hingga lap keempat.

Marquez yang posisinya terus menurun memutuskan mengganti motornya dari ban hard ke slick tyre, mengingat sebelum balapan ada ramalan bakal turun hujan. Dia jadi pebalap pertama yang melakukan itu.

Di lap kelima, Lorenzo masuk pit untuk mengganti motornya tapi kru belum mempersiapkan motor keduanya sehingga dia banyak kehabisan waktu di pit. Tak cuma Lorenzo, hampir seluruh pebalap juga mengganti motornya.

Sementara, Marquez mendapat keuntungan dengan sudah masuk pit lebih dulu di mana dia mampu menyalip beberapa pebalap untuk akhirnya memimpin balapan di lap keenam, disusul Pol Espargaro dan Scott Redding.

Lorenzo malah tercecer sangat jauh ke urutan ke-20, sama halnya dengan Dovizioso di posisi ke-14 dan Rossi di posisi ke-13. Sementara Vinales di posisi kesembilan. Itulah kondisi di lap kedelapan dengan Marquez masih memimpin balapan dengan nyaman.

Memasuki lap ke-10 atau nyaris setengah balapan, Marquez masih di posisi terdepan diikuti Pedrosa, Aleix Espargaro, Redding, dan Petrucci. Rossi terus memperbaiki posisinya ke urutan ke-13, sementara Vinales di posisi kedelapan.

Tiga lap berselang, Vinales berhasil memperbaiki posisinya lagi untuk ada di urutan kelima dan tentunya mengincar Cal Crutchlow dan Petrucci. Marquez masih memimpin balapan diikuti Pedrosa.

Di lap ke-16, Lorenzo yang sempat memimpin balapan ada di urutan ke-17, Dovizioso di posisi ketujuh, Rossi di posisi keenam, dan.... Vinales sudah berhasil melesat ke posisi ketiga melewati Crutchlow serta Petrucci.

Marquez sendiri sudah sulit dikejar tentunya karena punya keunggulan lebih dari 10 detik atas Pedrosa di posisi kedua. Pedrosa pun demikian karena dia unggul jauh sekitar lima detik dari Vinales di posisi ketiga.

Rossi yang berada di urutan kelima berusaha keras mengejar Crutchlow yang berada di depannya. Salip menyalip di antara keduanya terjadi di lap terakhir dengan Rossi tampil sebagai pemenang dan akhirnya ada di urutan keempat.

Marquez pun akhirnya memenangi balapan di Brno dan dia berdiri di atas motornya saat melewati garis finis, diikuti oleh Pedrosa, Vinales, Rossi, dan Crutchlow.




(mrp/mrp)

FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed