DetikSport
Selasa 08 Agustus 2017, 14:06 WIB

Apakah Marquez Sengaja Melambat di Awal Balapan?

Doni Wahyudi - detikSport
Apakah Marquez Sengaja Melambat di Awal Balapan? Marc Marquez saat mengganti motor di MotoGP Republik Ceko (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Jakarta - Marc Marquez salah memilih ban tapi kemudian malah diuntungkan dengan kondisi tersebut. Lambatnya dia di awal race apakah bagian dari strategi?

Marquez memilih menggunakan ban soft basah belakang saat dia memulai balapan dari posisi terdepan di Sirkuit Brno. Di antara delapan pebalap terdepan cuma Marquez yang memilih ban itu, sedangkan pebalap lain menggunakan ban mediaum.

Pilihan itu mendatangkan masalah karena Marquez tak mampu bersaing dengan pebalap lain. Dengan mudah dia mundur ke posisi belakang, berada di urutan 10 pada akhir lap kedua.



Kondisi itu memaksa Marquez cepat-cepat masuk pit dan mengganti motor. Tapi itu ternyata membawa berkah dan menjadi titik baliknya. Dengan motor baru Marquez langsung melesat, satu persatu menyalip lawan dan dalam waktu tak terlalu lama dia sudah kembali memimpin balapan.

Terkait apa yang dialami Marquez pada balapan di Brno, Rossi menyebut kalau itu bisa saja merupakan strategi yang dimainkan kubu Marquez dan Repsol Honda. Dalam beberapa kesempatan balapan flag to flag, Marquez punya strategi yang lebih unggul dibanding pesaingnya.

"Jika melihat lagi pada balapan itu, terlihat kalau Marquez sangat lambat di awal, tapi saya tidak tahu apakah dia sengaja melakukannya," ucap Rossi usai tampil di sesi tes.

"Saya tidak akan terkejut jika dia melakukan itu (melambat) dengan sengaja jika melihat betapa cerdiknya dia sejauh ini," lanjut Rossi dikutip dari Marca.



Masuk pit lebih dulu memang memberi keuntungan besar pada Marquez. Dia tidak harus terjebak dengan ramainya pitstop dan pitlane sehingga pada akhirnya dengan cepat melesat memimpin race.
(din/rin)
FOKUS BERITA: MotoGP Republik Ceko
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed