DetikSport
Jumat 11 Agustus 2017, 03:14 WIB

Wales Batal Gelar MotoGP

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Wales Batal Gelar MotoGP Ilustrasi (Foto: AFP/ROBERT MICHAEL)
Cardiff - Sudah tiga tahun setelah Circuit of Wales meneken kontrak dengan Dorna untuk menggelar MotoGP. Kini kontrak itu batal karena sirkuitnya tak jadi dibangun.

Kontrak antara Circuit of Wales dengan Dorna sudah ditandatangani sejak 13 Agustus 2014. Kontrak itu memuat durasi yang tak tanggung-tanggung: lima tahun menggelar MotoGP plus opsi perpanjangan di lima tahun berikutnya.

Tapi kontrak itu kini tak berlaku lagi dan batal. Circuit of Wales dipastikan takkan dibangun, setelah pemerintah Wales menolak memberikan dukungan finansial senilai 210 juta pound sterling untuk proyek tersebut, seperti dilaporkan BBC.

Proyek pembangunan sirkuit ini sendiri bernilai total 433 juta pound sterling. Pihak Circuit of Wales bisa memahami keputusan Dorna membatalkan kontrak itu, mengingat situasinya memang tak memungkinkan untuk proyek berjalan.

"Keputusan yang diambil oleh Dorna mempertimbangkan situasi saat ini terkait pengembangan Circuit of Wales dan keputusan pemerintah Wales untuk tak menanggung sebagian dari investasi sektor privat," pihak Circuit of Wales mengungkapkan lewat pernyataan resmi.

Batalnya kontrak dengan Circuit of Wales membuka peluang untuk sirkuit Silverstone dan Donington Park melanjutkan gelaran MotoGP di tanah Britania.

Silverstone saat ini masih menjadi pemegang jatah, di mana kontraknya berlaku sampai 2017 ini dengan opsi diperpanjang setahun. Sementara Donington Park sudah absen menggelar MotoGP sejak 2009.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyebut negosiasi masih dijalankan dengan Silverstone untuk perpanjangan kontrak jadi tuan rumah sementara opsi untuk Donington Park amat terbuka.

"Kontrak dengan Circuit of Wales sepenuhnya berakhir, karena mereka sudah merusaknya, tapi kami menyelesaikan masalah itu dengan bekerja secara langsung dengan Silverstone. Untuk ke depannya, kita akan lihat nanti," Ezpeleta mengungkapkan seperti dikutip MCN.

"Kami memilih untuk menuntaskan persoalan ini dulu kemudian kami akan mempertimbangkan untuk ke depannya. Donington adalah sebuah opsi, kami senang dengan Silverstone tapi kami akan mendiskusikan masalah jatah tuan rumah ini juga dengan Donington," dia menambahkan.
(raw/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed