DetikSport
Jumat 22 September 2017, 14:31 WIB

Jelang MotoGP Aragon

Rossi Kembali, Bagaimana Efeknya untuk Perebutan Gelar Juara Dunia?

Kris Fathoni W - detikSport
Rossi Kembali, Bagaimana Efeknya untuk Perebutan Gelar Juara Dunia? Foto: Shaun Botterill/Getty Images
FOKUS BERITA: Marquez Menang di Aragon
Aragon - Valentino Rossi dipastikan membalap di MotoGP Aragon pekan ini. Ia kembali saat perebutan gelar juara dunia kian memanas, memasuki lima seri terakhir.

Kecelakaan motokros sudah membuat Rossi harus naik meja operasi. Ujung-ujungnya rider Movistar Yamaha itu harus absen di MotoGP San Marino, balapan kandangnya.

Pada prosesnya Rossi bisa kembali balapan lebih cepat dari perkiraan. Juara dunia grand prix sembilan kali itu, tujuh kali di kelas primer, akan tampil di Aragon pada akhir pekan. Seri ini mengawali lima balapan terakhir MotoGP 2017.

Rossi (157 poin) saat ini berada di posisi keempat papan klasemen. Ia berada di bawah rekan satu timnya, Maverick Vinales (183), dan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez yang saling sikut di puncak klasemen dengan poin (199) dan jumlah kemenangan sama.

Ketiga rider itu pun membahas bagaimana efek kembalinya Rossi terhadap perebutan gelar juara dunia.

"Buat saya tak ada yang berubah. Ini tentu kabar baik karena adanya seluruh rider di lintasan selalu jadi hal bagus, tapi tak ada yang berubah," kata Marquez seperti dilansir Crash.net.

"Kejuaraan dunia ini ketat sekali dan seluruh rider sama-sama penting untuk dikalahkan mengingat semua poin tersisa sangatlah penting, jadi tak ada perubahan untuk saya," ucapnya.

Sementara itu Dovizioso berpendapat bahwa Rossi bisa memegang peranan besar dalam hasil akhir kejuaraan dunia nanti, ketika ia sudah kembali bugar sepenuhnya.

"Saya pikir bisa ada perubahan karena ia merupakan seorang rider yang bisa melaju kencang di tengah-tengah kami, jika dirinya sudah merasa oke. Mungkin belum di Aragon, tapi di balapan berikutnya," ujar Dovizioso.

"Tapi semua rider kini harus memikirkan dirinya sendiri untuk berusaha semaksimal mungkin. Namun, sudah pasti jika tidak bisa kencang dalam beberapa balapan, Anda bisa kehilangan poin karena akan ada rider-rider kencang di depan," tuturnya.

Sedangkan Vinales menegaskan kembalinya Rossi merupakan hal penting dalam usaha Yamaha menjadi pabrikan terbaik di kelas primer pada musim ini.

"Dari pihak kami, bagus sekali Valentino sudah kembali di Aragon, itu bagus buat tim. Patut diingat bahwa musim ini Valentino memiliki kecepatan, senantiasa di depan," kata Vinales.



(krs/fem)

FOKUS BERITA: Marquez Menang di Aragon
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed